Ketahui Kondisi Tubuh Melalui Urin
03 April 2018
Hidup Seimbangku
Share

Ketahui Kondisi Tubuh Melalui Urin

            Kesehatan tubuh seseorang bisa diketahui dari urin yang ia keluarkan. Warna urin yang dikeluarkan bisa mendeteksi kondisi tubuh orang tersebut. Apakah orang tersebut sedang dalam keadaan sehat, kurang terhidrasi, atau justru terdapat gangguan lain di dalam tubuhnya. Berikut ini ada beberapa warna urin yang bisa mendeteksi kondisi tubuhmu:

 

Bening

            Artinya kamu terlalu banyak minum, tubuh terlalu banyak terhidrasi. Sebaiknya kurangi asupan air minum.

 

Kuning jerami

            Warna urin ini menandakan bahwa kondisi tubuh sangat baik.

 

Kuning gelap

            Kamu kurang asupan cairan. Sebaiknya perbanyak minum.

 

Kuning terang

            Bisa jadi kamu terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan yang mengandung vitamin larut air.

 

Jingga

            Timbul karena efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi, atau bisa jadi tubuh kurang mendapat asupan cairan.

 

Keabuan atau seperti susu

            Secara alamiah, urin bisa saja berwarna seperti itu. Namun jika disertai rasa sakit saat buang air kecil, bisa jadi terdapat infeksi pada kandung kemih atau batu ginjal. Segeralah periksakan ke dokter.

 

Cokelat gelap

            Bisa jadi indikasi kerusakan pada hati, terutama jika disertai dengan buang air besar dengan warna pucat dan kekuningan, dikhawatirkan kamu mengidap penyakit kuning. Segeralah periksakan ke dokter.

 

Merah muda atau kemerahan

            Bisa jadi terdapat darah pada urin, yang tidak berarti kamu mengalami gangguan apapun atau bisa jadi tanda awal bahwa kamu terkena batu ginjal atau kanker. Sebelumnya pastikan, bahwa kamu tidak habis mengonsumsi buah bit, bluberi atau rhubarb. Jika tidak mengonsumsinya, segeralah periksakan diri ke dokter.

 

Coke

            Ditimbulkan dari darah yang ikut ke dalam urin, bisa jadi indikasi tumor, batu ginjal atau darah yang menggumpal di dalam ginjal.

 

Biru atau hijau

            Urin dengan warna biru atau hijau bisa mengindikasikan bahwa kamu terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau bisa juga efek terlalu banyak mengonsumsi pewarna makanan. Jika warna urin biru atau hijau yang kamu keluarkan terlalu sering, sebaiknya segera periksakan ke dokter, karena dikhawatirkan terdapat infeksi pada kandung kemih.

 

Ungu gelap

            Bisa jadi indikasi gagal ginjal. Segera periksakan ke dokter.

 

            Jika warna urin yang kamu keluarkan tidak wajar, sebaiknya coba netralkan terlebih dahulu dengan rutin minum TOTAL 8+ setiap hari. Namun, jika warna urin tetap janggal dalam beberapa hari, pastikan kamu segera mengunjungi dokter.

 

Baca juga: Kenali 6 Tanda Metabolisme Terganggu Bikin Tubuh Gampang Gemuk 

Manfaat Minum Segelas Air Alkali di Pagi Hari

Tags kesehatan