KESALAHAN YANG KAMU LAKUKAN KETIKA MENCOBA POLA HIDUP SEHAT
19 December 2018
Hidup Seimbangku
Share

KESALAHAN YANG KAMU LAKUKAN KETIKA MENCOBA POLA HIDUP SEHAT

            Hingga saat ini, masih saja banyak mitos seputar makanan kesehatan yang masih dipercayai masyarakat umum. Mitos tersebut misalnya, berupa ungkapan bahwa karbohidrat ‘baik’ tidak akan menaikkan berat badan.

            Perlu diketahui, bahwa pola makan sehat bukan hanya dengan melakukan diet ketat, atau menghilangkan makanan kesukaan kita dalam menu. Ya, masih banyak saja mitos seputar kesehatan hingga saat ini. Bahkan kebanyakan diantaranya dapat menyesatkan, dan merupakan informasi yang salah.

            Beberapa mitos seputar kesehatan yang salah dan perlu kamu ketahui kebenarannya, seperti:

 

Ganti karbohidrat dengan protein

United States Department of Agriculture menyatakan bahwa, sekitar 45 hingga 65 persen asupan kalori harian seseorang berasal dari karbohidrat. Pakar kesehatan di seluruh dunia menjelaskan bahwa, asupan karbohidrat yang tepat tidak akan membuat berat badan bertambah. Bahkan mereka merekomendasikan untuk mengonsumsi karbohidrat yang memiliki nilai gizi lebih, seperti beras merah, kacang-kacangan, quinoa dan ubi jalar.

 

Baca juga: Kelompok Tinggi Protein

 

Mengkonsumsi makanan yang sama terus-menerus

Banyak mitos yang mengatakan bahwa, mengonsumsi jenis bahkan menu makanan yang sama secara terus-menerus dalam jangka waktu panjang, dapat membantu menurunkan berat badan. Namun kenyataannya, hal tersebut salah. Menurut psikologi manusia, sebuah tindakan dengan mengonsumsi makanan yang sama secara terus-menerus dapat menimbulkan rasa bosan, yang pada akhirnya malah justru dapat menaikkan berat badan. Selain itu, ada berbagai studi yang menunjukkan bahwa, kebosanan dapat menyebabkan seseorang mengonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih banyak.

 

Baca juga: ATASI RASA BOSAN BEROLAHRAGA DENGAN KOMBINASI PILATES DAN BOXING, PILOXING

 

Roti ‘cokelat’ lebih baik

Banyak orang yang lebih memilih untuk mengonsumsi roti ‘cokelat’ saat proses penurunan berat badan. Padahal hal tersebut adalah salah, karena roti yang berwarna lebih cokelat, belum tentu mengandung gandum utuh. Selain itu, hindari juga mengonsumsi roti dengan tambahan gula dan tepung serba guna. Jadi, selalu cek, ya, daftar komposisi bahan ketika membeli roti atau makanan lainnya.

 

Baca juga: ROTI, NASI ATAU MIE INSTAN. MANAKAH PENYUMBANG KALORI TERBANYAK?

 

Semua kalori sama

Tidak semua makanan berkalori bersifat sama. Makanan berkalori dengan tinggi serat, seharusnya menjadi prioritas utama dalam menu harianmu. Buah-buahan berkalori dengan tinggi serat, misalnya adalah mangga dan bluberi.

 

Baca juga: Tertawa Membakar 50 Kalori