Kenali Insomnia, Gejala dan Cara Pengobatannya
19 February 2018
Hidup Seimbangku
Share

Kenali Insomnia, Gejala dan Cara Pengobatannya

           Insomnia merupakan suatu keadaan dimana seseorang mengalami kondisi sulit tidur, sekalipun sudah waktunya untuk tidur. National Institutes of Health memperkirakan bahwa sekitar 30 persen orang di dunia mengeluhkan kondisinya terhadap gangguan tidur, dan 10 persen diantaranya memiliki gejala yang dapat mengganggu aktifitas di siang hari.

           Dalam jajak pendapat National Sleep Foundation pada tahun 2002 menemukan bahwa 63 persen wanita mengalami gejala insomnia setidaknya beberapa malam dalam satu minggu.

           Gejala yang ditimbulkan oleh penderita insomnia, seperti sulit tidur atau tidur dengan nyenyak, selalu merasa kelelahan, kesulitan buang air besar, sakit kepala tegang, susah berkonsentrasi, gangguan terhadap mood, penurunan kinerja, selalu merasa pusing dan merasa gelisah.

            Beberapa orang mengalami insomnia dalam durasi waktu yang cukup singkat, misalnya ia tidak bisa tidur diakibatkan terlalu khawatir menghadapi ujian esok hari. Orang dengan gangguan insomnia seperti ini akan sembuh dengan sendirinya, tanpa harus mengalami pengobatan khusus.

            Sedangkan, ada beberapa orang lainnya yang mengalami insomnia kronis. Seseorang tersebut bisa saja tidak tidur selama beberapa hari. Insomnia kronis biasanya memiliki banyak penyebab, seperti mengonsumsi obat tertentu yang berpengaruh terhadap pola tidur, kebiasaan yang tidak sehat dan gangguan lainnya.

            Orang dengan insomnia kronis biasanya harus dibantu dengan pengobatan tertentu untuk mengembalikannya pada pola tidur yang sehat. Pengobatan yang dilakukan biasanya mencakup terhadap perilakum psikologis, medis atau kombinasi dari beberapa diantaranya. Segeralah konsultasikan pada dokter jika Anda mengalami insomnia kronis.

 

Baca juga: PESAN DARI TUBUH MEMILIKI POLA MAKAN BURUK

Cara Mengurangi Bau Mulut di Pagi Hari

Tags