Kaus Kaki Menurunkan Risiko Kaki Terinfeksi Jamur
21 February 2018
Hidup Seimbangku
Share

Kaus Kaki Menurunkan Risiko Kaki Terinfeksi Jamur

            Beberapa orang, mungkin termasuk Anda, lebih suka menggunakan sepatu tanpa memakai kaus kaki. Rasa yang lebih ringan bisa jadi salah satu alasan mengapa orang enggan memakai kaus kaki. Tapi tahukah Anda, dengan malas menggunakan kaus kaki bisa berdampak buruk bagi kesehatan?

            Dalam satu hari, kaki menghasilkan sekitar 500 ml keringat. Keringat mengandung bakteri. Bakteri dapat berkembang biak dengan cepat di lingkungan yang lembap dan gelap. Sedangkan, sepatu memiliki lingkungan yang lembap dan gelap. Jadi dapat disimpulkan, bahwa sepatu bisa jadi tempat yang sangat tepat untuk pertumbuhan bakteri.

            Lecet pada kaki bisa timbul jika Anda tidak menggunakan kaus kaki, karena beberapa jenis sepatu memang diranjang untuk digunakan bersama kaus kaki. Lecet menyebabkan permukaan kulit terbuka, sedangkan sepatu bisa jadi sarang bakteri, dengan begitu bisa jadi bakteri pada sepatu masuk ke dalam luka dan menyebabkan infeksi pada kaki Anda.

            Tidak hanya itu, jika Anda bisa saja terinfeksi jamur onychomycosis jika tidak memakai kaus kaki. Jamur tersebut merupakan jamur yang menyebabkan infeksi pada kuku kaki. Kuku menjadi menebal, berubah warna menjadi kuning, berubah bentuk hingga kuku terbelah.

            Jika menurut Anda menggunakan kaus kaki tidak nyaman, pikirkan ulang dengan risiko yang mungkin Anda alami di masa depan. Kini sudah banyak beragam jenis kaus kaki yang dijual di pasaran. Anda bisa memilih berbagai jenis kaus kaki, mulai dari ketebalan, panjang pendek hingga motif yang dimiliki kaus kaki.

            Perlu diingat juga, jangan Anda hanya menggunakan satu buah kaus kaki untuk beberapa kali penggunaan. Selain menimbulkan bau yang tidak sedap, kaus kaki yang digunakan berulang juga berpotensi menjadi sarang bakteri dan jamur yang tidak baik untuk kesehatan kaki Anda.

 

Baca juga: Jangan Salah Pilih! Inilah Perbedaan Sepatu Running, Training dan Casual

SETELAH OLAHRAGA LARI, HENTIKAN KEBIASAAN INI!

Tags