JAUH-JAUH DARI MAKANAN INI SAAT HAMIL
08 October 2018
Hidup Seimbangku
Share

JAUH-JAUH DARI MAKANAN INI SAAT HAMIL

            Kehamilan menjadi suatu kondisi yang akan membuat seorang wanita berbeda, karena mengalami berbagai perubahan, baik secara emosional maupun fisik. Pada masa kehamilan, pilihan asupan makanan menjadi salah satu hal yang paling penting dan perlu diperhatikan, karena dapat berpengaruh terhadap perkembangan janin

            Menurut Dr Rahul Manchanda, Dokter Bedah Endoskopi Gynae di Rumah Sakit PSRI, New Delhi, India, keinginan untuk terus makan banyak dialami wanita pada masa kehamilannya, yang disebabkan oleh perubahan hormon. Namun, dokter tersebut menyarankan agar tidak sembarangan mengonsumsi makanan, termasuk buah-buahan.

            Buah-buahan yang dimaksud merupakan buah yang dapat memicu terjadinya keguguran, persalinan dini atau meningkatkan ketidakseimbangan hormon selama masa kehamilan. Untuk lebih jelasnya, berikut rincian buah-buahan yang sebaiknya dihindari selama masa kehamilan:

 

Nanas

Nanas mengandung bromelain yang cukup besar. Senyawa dalam nanas tersebut dapat menyebabkan pelunakan serviks, sehingga dapat menginduksi persalinan dini. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi nanas juga dapat menyebabkan masalah perut seperti, diare, yang akan mengakibatkan dehidrasi.

 

Anggur

Anggur memiliki sifat memproduksi panas, yang dapat mempengaruhi ibu dan bayi. Selain itu, anggur juga mengandung senyawa yang dikenal dengan nama Resveratrol, senyawa yang diketahui dapat meningkatkan ketidakseimbangan hormon selama masa kehamilan.

 

Pepaya

Pepaya yang dikonsumsi oleh ibu hamil dapat memicu terjadinya keguguran. Terutama pepaya yang masih dalam keadaan belum matang dan setengah matang, karena mengandung banyak lateks, senyawa yang diketahui dapat memicu kontraksi uterus.

 

Pare

Pare yang dikonsumsi pada masa kehamilan dapat memicu iritasi pada uterus, sehingga dapat menyebabkan kelahiran prematur atau keguguran. Pare juga diketahui mengandung beberapa senyawa, seperti Quinine, Glikosida Saponic dan Morodis yang ketika diserap tubuh dapat menyebabkan mual, ruam, diare dan sakit perut.

 

            Nah, itu dia beberapa buah-buahan yang sebaiknya kamu hindari, ya, selama masa kehamilan. Selain itu, untuk jenis buah-buahan lain, jangan lupa untuk dicuci dengan benar sebelum dikonsumsi, jangan konsumsi bagian buah yang bonyok atau rusak, serta gunakan sikat khusus pembersih buah saat mencuci buah, supaya buah bersih secara maksimal sebelum dikonsumsi.

 

Baca juga: MUNGKINKAH MENGONSUMSI LEBIH BANYAK SEAFOOD DAPAT MEMPERCEPAT PROGRAM HAMIL? 

MENGONSUMSI FAST FOOD MEMBUAT LEBIH SULIT HAMIL