Jangan Terlalu Banyak Mengonsumsi Daging Merah
02 July 2018
Hidup Seimbangku
Share

Jangan Terlalu Banyak Mengonsumsi Daging Merah

           Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Hepatology menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi banyak daging merah dan daging olahan dapat menyebabkan penyakit hati. Hati akan menjadi berlemak dan dan resistensi insulin.

            Studi yang melibatkan 357 orang dengan rentang usia antara 40 hingga 70 tahun selama dua tahun tersebut menunjukkan bahwa, 38,7 persen peserta mengalami hati yang menjadi berlemak, dan 30,5 persen peserta lainnya mengalami resistensi insulin.

            Daging olahan masih menjadi hal yang harus diperhatikan saat ingin mengonsumsinya. Ambang batas untuk mengonsumsi daging merah dengan daging olahan berbeda. Institut Amerika untuk Penelitian Kanker menyarankan untuk mengonsumsi daging merah tidak lebih dari 8 kg per minggu. Lain halnya dengan daging olahan, karena walaupun Anda mengonsumsinya dalam jumlah sedikit tentu tidak akan bagus. Dalam jumlah sedikitpun daging olahan dapat meningkatkan risiko terkena kanker.

            Terdapat ulasan dalam International Journal of Preventive Medicine pada tahun 2017 yang menemukan bahwa daging merah tidak secara signifikan meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular.

            Namun, terdapat ulasan tersebut juga menemukan adanya lemak terlihat yang menggunakan pengawet dalam daging. Dengan pengawet tersebut, tentunya daging merah yang dikonsumsi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular.

            Selain tentang jumlah asupan daging merah, cara pengolahan daging tersebut juga sangat penting dan perlu diperhatikan. Sebaiknya hindari teknik menggoreng dan memanggang daging tidak sampai matang.

            Sebuah penelitian menemukan bahwa cara pengolahan daging merah yang tidak tepat dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena resistensi insulin. Jadi, selain memperhatikan jumlah dan kualitas daging merah yang akan Anda konsumsi, perhatikan juga cara pengolahan daging merah tersebut.

 

 

Baca juga: Vegetarian Ternyata Tak Lebih Bahagia dari Pemakan Daging 

Wanita Lebih Berisiko Terkena Serangan Jantung