Jalani Puasa yang Aman untuk Penderita Diabetes
24 May 2018
Hidup Seimbangku
Share

Jalani Puasa yang Aman untuk Penderita Diabetes

            Pada orang sehat, kenaikan gula darah seringkali terjadi, terutama jika berbuka puasa dengan hidangan yang didominasi dengan rasa manis. Hal ini juga yang terkadang menjadi pertimbangan bagi penderita diabetes untuk berpuasa, sehingga membuat puasa menjadi berisiko bagi penderita diabetes.

            Kondisi tubuh seseorang berbeda dengan orang lain, termasuk antar sesama penderita diabetes. Jika Anda termasuk penderita diabetes dan ingin menjalani puasa selama Ramadan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter satu atau dua bulan sebelumnya.

            Saat berkonsultasi, dokter akan membantu Anda menyusun menu yang tepat untuk sahur dan berbuka puasa selama Ramadan, terutama untuk menjaga kestabilan gula darah. Selain itu, dokter juga akan mendiskusikan dengan Anda tentang dosis obat yang harus dikonsumsi selama puasa. Serta, dokter juga akan menginformasikan pada Anda seberapa sering untuk mengecek gula darah, yang tentunya harus lebih dilakukan jika dibanding dengan saat Anda tidak berpuasa, serta hal yang harus dilakukan saat gula darah terlalu rendah atau terlalu tinggi.

            Suntik insulin juga harus tetap Anda lakukan, walaupun bukan pada siang hari. Pastikan Anda tetap melakukan suntik insulin, agar tubuh Anda tidak drop saat puasa. Serta, jangan lupa tetap bawa obat-obatan kemanapun Anda pergi, dan tetap minum sesuai anjuran dokter.

 

Baca juga: TIPS MENGONTROL DIABETES SAAT PUASA 

Buka Puasa dengan Pilihan Menu Tepat dan Sehat?