Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi Selama Puasa
04 June 2018
Hidup Seimbangku
Share

Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi Selama Puasa

            Setiap harinya, cairan tubuh akan keluar dalam bentuk keringat atau urin. Saat puasa, cairan tubuh yang hilang tidak bisa langsung digantikan, melainkan harus menunggu malam hari, yakni waktu berbuka puasa, sahur dan waktu di antara keduanya.

            Kebutuhan tubuh terhadap cairan saat puasa sama saja dengan saat kita tidak berpuasa. Seperti yang kita ketahui, sebanyak 70 persen bagian tubuh terdiri dari air, sehingga Anda mengabaikannya, tubuh akan mengalami dehidrasi yang akan disertai dengan berbagai masalah kesehatan lainnya.

            Sembelit, sakit kepala, pusing, kelelahan dan kulit kering menjadi beberapa masalah kesehatan yang akan timbul jika tubuh mengalami dehidrasi. Bahkan dalam beberapa kasus dehidrasi parah, tubuh akan mengalami komplikasi yang lebih serius, seperti masalah ginjal dan kejang.

            Air minum menjadi pilihan terbaik untuk menghilangkan rasa haus setelah berpuasa seharian, karena tidak mengandung gula dengan tinggi kalori, layaknya minuman ringan lainnya. Jika Anda banyak mengonsumsi minuman ringan tinggi gula saat berbuka puasa, bisa jadi akan timbul beberapa masalah pencernaan, seperti naiknya gas lambung, kembung, sakit perut hingga mempengaruhi berat badan.

            Jangan khawatir akan merasa kehausan dan dehidrasi saat berpuasa. Anda bisa mengendalikan rasa haus dan menjaga tubuh tetap terhidrasi selama puasa dengan cara:

  1. Tetap minum setidaknya delapan gelas, yang diakumulasi dari saat berbuka, sahur dan waktu di antara keduanya. Jika mengkhawatirkan cuaca yang akan terlalu panas
  2. Hindari mengonsumsi makanan pedas saat sahur, karena akan meningkatkan rasa haus pada siang hari.
  3. Jangan terlalu banyak menambahkan garam ke dalam makanan, serta hindari makanan asin, seperti ikan asin saat sahur, karena garam akan menyerap cairan dalam tubuh yang akan menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi.
  4. Banyak mengonsumsi buah dan sayuran, terutama yang mengandung banyak air.
  5. Pilihlah jus buah segar tanpa tambahan pemanis, seperti gula dan madu.
  6. Tidak minum terlalu banyak air sekaligus, terutama selama makan.
  7. Minumlah air dengan suhu kamar, karena jika Anda berbuka dengan minum air dingin atau air tidak akan membantu menghilangkan rasa haus dan dehidrasi. Justru hanya akan menyebabkan pembuluh darah Anda berkontraksi dan menyebabkan gangguan pencernaan.

Baca juga: Risiko Dehidrasi Saat Puasa Selama Ramadan 

Miliki Kulit Tetap Berseri Selama Ramadan?