Ini Dia 6 Penyebab Kenapa Kamu Pingsan Tiba-Tiba
19 February 2016
Hidup Seimbangku
Share

Ini Dia 6 Penyebab Kenapa Kamu Pingsan Tiba-Tiba

Pernahkah kamu melihat teman atau kerabatmu yang tiba-tiba pingsan padahal tadi baik-baik saja? Pingsan memang bisa saja terjadi secara tiba-tiba. Tapi tidak semua orang tau apa penyebab dari pingsan yang tiba-tiba tersebut. Pingsan terjadi karena kekurangan darah di otak. Berikut beberapa penyebab pingsan :

1. Kekurangan Oksigen

Salah satu penyebab yang sering menimpa orang yang pingsan adalah orang tersebut kekurangan oksigen. Oksigen sangat sedikit ditempat yang berdesak-desakan dan dipenuhi oleh banyak orang. Akibatnya aliran darah dan oksigen yang menuju ke otak berkurang, sehingga orang tersebut pun jadi pingsan.

2. Dehidrasi

Saat dehidrasi aliran darah dan oksigen diseluruh tubuh menjadi terhambat. Cairan di dalam tubuh bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan juga oksigen di tubuh. Orang yang dehidrasi pandangannya akan berkunang-kunang kemudian jatuh pingsan.

3. Lapar

Sering sekali orang pingsan saat sedang kelaparan. Saat lapar kadar glukosa seseorang akan menjadi menurun. Glukosa yang menurun bisa membuat seseorang lemas dan kehilangan kesadaran. Tubuh kita memerlukan glukosa sebagai sumber energi.

4. Shock

Apakah kamu pernah melihat orang yang pingsan karena mendengar berita buruk? Kondisi ini terjadi bagi orang yang mengalami trauma yang bersifat menekan kondisi jantung. Shock adalah rasa kaget yang menyebabkan kerja jantung bermasalah. Shock bisa membuat seseorang pingsan, tapi bisa cepat pulih juga.

5. Tekanan darah tinggi

Orang yang menderita penyakit tekanan darah tinggi bisa pingsan jika tekanan darahnya sedang naik. Gejala tekanan darah tinggi adalah kepala pusing, jantung berdebar, leher kaku, pandangan berkunang-kunang dan wajah lebih merah. Tekanan darah tinggi membuat pembuluh darah di otak mengalami tekanan tinggi sehingga menyebabkan pingsan.

6. Perubahan posisi tubuh secara mendadak

Pernahkah kamu merasa pusing ketika berdiri sehabis duduk atau tidur? Selain pusing, hal itu juga bisa menyebabkan pingsan. Hal ini terjadi karena aliran darah tertahan atau berkumpul di kaki sehingga otak kekurangan aliran darahh. Akibatnya bisa menimbulkan pusing dan pingsan.

Sebelum pingsan, kamu akan merasa pusing, mual, ruangan berputar dan keringat dingin. Jika itu sudah terjadi, berbaringlah atau duduk dan berjongkoklah dengan meletakkan kepala di antara lutut. Hal ini dapat membantu aliran darah ke otak. Kenalilah penyebab pingsan. Jika kamu pingsan karena dehidrasi, perbanyaklah minum air putih atau jika kamu pingsan karena lapar, makanlah secara teratur dan sebagainya. (NP/ES)

Tags fit