Ingin Sehat? Puasa Adalah Jawabannya
04 June 2015
Hidup Seimbangku
Share

Ingin Sehat? Puasa Adalah Jawabannya

Siapa bilang puasa bisa membawa berbagai penyakit untuk tubuh? Puasa, selain sebagai ibadah, juga sebagai pelajaran untuk bisa tetap menjadi orang yang sederhana dan tidak tamak dalam makan. Puasa juga sebagai cara diet yang paling sehat untuk wanita yang ingin menjaga tubuhnya agar tetap ideal. Jika ada masalah kesehatan yang kamu miliki, hm, mungkin penyebabnya adalah gaya hidup dan pola makan yang belum memenuhi kriteria sehat, sehingga nutrisi dan gizi yang masuk ke dalam tubuh belum cukup untuk menjaganya agar tetap sehat dan fit selama puasa.

Agar bisa menjalankan puasa dengan tenang dan lancar, kamu perlu tahu dulu bahwa puasa juga bisa membuat tubuh tetap sehat dan bugar.

1. Membiasakan diri menyediakan buah kurma di rumah

Kurma adalah buah terbaik yang bisa kamu makan saat berbuka puasa dan juga sahur karena kamu bisa mendpatkan energi dan nutrisi yang banyak dari buah mungil yang berwarna coklat ini. Buah kurma bisa membantu meningkatkan pencernaan dan menjaga tubuhmu agar tetap sehat selama puasa. Akan lebih baik lagi jika kamu tetap mengonsumsi buah kurma saat tidak sedang dalam keadaan berpuasa. Makanlah kurma dan minum banyak air putih saat berbuka puasa sebelum menyantap makanan berat lainnya, sehingga lambung tidak akan kaget dan menyebabkan sakit perut jika berbuka puasa dengan makanan yang tidak tepat.

2. Meningkatkan kemampuan otak

Puasa dapat meningkatkan faktor neurotropik yang diturunkan dari otak dan mendorong tubuh untuk memproduksi banyak sel otak, sehingga fungsi otak juga akan meningkat. Jadi, seharusnya puasa bukan menjadi alasan untuk kamu malas berpikir dan bergerak karena kurang makan. Justru jika makanan yang kamu makan saat sahur memenuhi nutrisi yang cukup untuk tubuh, maka kinerja otakmu seharian akan baik-baik saja, dan pekerjaanmu akan tetap lancar. Istirahatlah sejenak jika dirasa otak sudah lelah untuk bekerja. Jika tubuh telah rileks kembali, maka kamu bisa segera bersemangat untuk bekerja lagi hingga sore atau malam hari.

3. Proses detoksifikasi tubuh

Selama satu bulan berpuasa, tubuh kemungkinan besar akan melakukan proses detoks pada racun-racun yang ada di dalam tubuh. Ketika tubuh mengambil sisa cadangan lemak untuk dijadikan energi, maka energi itu juga akan membakar racun yang ada. Sehingga setelah satu bulan berpuasa, tubuhmu akan terasa lebih sehat. tetaplah menjaga pola makan meski sudah tidak berpuasa, karena kesehatan tubuh seharusnya terus berjalan setiap hari agar tidak gampang terkena berbagai penyakit yang merusak organ dalam dan luar bagian tubuhmu.

4. Mengurangi kebiasaan dan gaya hidup yang buruk

Terlalu banyak merokok, minum kopi dan alkohol, memakan makanan manis, juga terlalu sering begadang mungkin sudah menjadi kebiasaan burukmu setiap hari. Saat puasa, semua kebiasaan burukmu perlahan akan berkurang dan gaya hidup sehat bisa kamu jalani setiap hari karena telah mengurangi konsumsi rokok, alkohol, dan panganan lain yang mengandung zat berbahaya bagi tubuh. Zat-zat tersebut, meski tak terlihat bahaya dalam jangka waktu yang dekat, sebenarnya telah tertimbun di dalam tubuh dan mengendap menjadi penyakit berbahaya di kemudian hari.

5. Mengontrol berat badan (diet)

Mengonsumsi makanan sehat selama bulan puasa pada saat sahur dan berbuka dapat mengontrol berat badan kita menuju ideal. Tak perlu melakukan diet ekstrim yang kadang berujung pada sakit, kita sudah membatasi pola makan dengan lebih teratur dan sehat, sehingga makanan yang masuk ke dalam tubuh kita hanya makanan sehat yang tidak menyebabkan kegemukan.

Tags puasa