HERBAL AMPUH UNTUK ATASI KEMBUNG
24 September 2018
Hidup Seimbangku
Share

HERBAL AMPUH UNTUK ATASI KEMBUNG

            Dalam keadaan tertentu, kita biasanya merasakan kembung dengan kondisi perut yang sangat tidak nyaman. Kembung sendiri bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti pembentukan gas berlebih di perut, kebiasaan makan yang buruk, infeksi gastrointestinal atau sindrom iritasi usus juga bisa menjadi alasan timbulnya perut kembung.

            Dalam ramuan asli Cina dan India, jahe seringkali digunakan untuk meredakan perut kembung, yang dikenal sebagai Zingiber officinal. Menurut buku 'Healing Foods' oleh DK Publishing, jahe mengandung Gingerol yang memiliki efek analgesik, obat penenang, antipiretik dan antibakteri,

            Menurut Ahli Gizi Makrobiotik dan Praktisi Kesehatan, Shilpa Arora, jahe merangsang cairan pencernaan, seperti empedu, air liur dan berbagai senyawa lain yang membantu pencernaan, sehingga sangat bagus untuk penyerapan dan asimilasi nutrisi yang lebih baik. Gangguan pencernaan menjadi salah satu penyebab kembung. Makanan yang tidak tercerna menghasilkan racun yang menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

            Jahe yang dikonsumsi sebagai pereda kembung, bukanlah jahe utuh ataupun yang dijadikan campuran sebagai menu makanan. Jahe yang dimaksud di sini merupakan jus jahe.

            Cara membuat jus jahe ini cukup mudah. Cukup bersihkan jahe, kupas dan buang kulitnya. Kemudian, parut jahe. Lalu, menggunakan kain tipis bersih, letakkan parutan jahe, kemudian peras hingga mengeluarkan ekstrak jahe. Untuk meningkatkan rasa dan kandungan nutrisi jus jahe, kamu bisa menambahkan sedikit garam atau gula.

            Konsumsi satu sendok teh jus jahe di pagi hari, maka akan membantu meringankan kembung dan menyembuhkan saluran pencernaan, serta menstabilkan kadar gula darah kamu.

            Selain untuk meredakan kembung, jus jahe juga dapat meredakan sakit gigi, mengurangi radang sendi dan nyeri, serta meredakan pilek dan flu.

 

Baca juga: Manfaat Jahe Untuk Mengusir Racun 

Cara Mudah Cegah Perut Kembung