Gejala Anda Terlalu Stres
22 June 2018
Hidup Seimbangku
Share

Gejala Anda Terlalu Stres

            Stres didefinisikan sebagai suatu keadaan saat terjadi ketegangan mental atau emosional yang disebabkan oleh berbagai faktor. Suatu studi menemukan bahwa 33 persen orang dewasa mengalami stres dengan tingkat yang cukup tinggi.

            Agar Anda mengetahui keadaan mental dan emosional saat ini, berikut ini terdapat beberapa tanda dan gejala umum stres:

 

Jerawat

            Ketika seseorang merasa stres, maka cenderung akan lebih sering menyentuh wajah. Kegiatan ini akan membantu menyebarkan bakteri di bagian wajah, sehingga memicu timbulnya jerawat. Sebuah studi yang melibatkan 22 orang menemukan, bahwa jerawat yang timbul akan lebih besar saat seseorang sedang dalam keadaan stres. Semakin stres seseorang, maka akan semakin besar jerawat yang timbul.

 

Sakit kepala

            Sebuah penelitian yang melibatkan 267 orang dengan sakit kepala kronis, menemukan bahwa keadaan yang dapat menimbulkan stres terjadi pada sekitar 45 persen kasus. Peningkatan intensitas stres juga dikaitkan dengan peningkatan jumlah hari saat mengalami sakit kepala dalam sebulan.

 

Nyeri kronis

            Sebuah penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kadar hormon stres kortisol dapat dikaitkan dengan nyeri kronis. Penelitian tersebut membandingkan 16 orang dengan nyeri punggung kronis. Ditemukan bahwa mereka dengan nyeri kronis memiliki tingkat kortisol yang lebih tinggi.

 

Sering sakit

            Jika Anda sering menderita flu dan pilek yang tidak kunjung sembuh, bisa jadi sebenarnya Anda sedang stres. Stres dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat menyebabkan Anda lebih rentan terkena penyakit dan infeksi.

 

Menurunnya energi dan insomnia

            Stres dapat menyebabkan kelelahan kronis dan penurunan energi, serta dapat mengganggu tidur dan menyebabkan insomnia.

 

Perubahan libido

            Banyak orang mengalami perubahan dorongan seksual selama merasa stres. Suatu penelitian yang melibatkan 30 orang wanita, mempertontonkan film erotis. Hasilnya, wanita dengan tingkat stres kronis mengalami lebih sedikit gairah, dibandingkan wanita dengan tingkat stres yang lebih rendah.

 

Masalah pencernaan

            Masalah pencernaan seperti diare dan konstipasi bisa disebabkan oleh tingginya tingkat stress seseorang. Stres dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti sindrom iritasi usus atau penyakit radang usus. Hal ini ditandai dengan sakit perut, kembung, diare dan sembelit.

 

Baca juga: Indikasi Kesehatan Lewat Kotoran 

Kenali Insomnia, Gejala dan Cara Pengobatannya?