CEGAH KANKER PAYUDARA SEDINI MUNGKIN
12 October 2017
Hidup Seimbangku
Share

CEGAH KANKER PAYUDARA SEDINI MUNGKIN

Bukan hanya kanker serviks yang menjadi musuh semua wanita, kanker payudara juga merupakan kanker yang menyerang wanita. Kanker ini adalah tumor ganas yang tumbuh di jaringan payudara.

Walaupun dapat berakibat fatal, namun penyakit ini bukannya tidak dapat disembuhkan. Jika berhasil dideteksi dini berdasarkan kecurigaan kita terhadap gejala-gejala kanker payudara, maka sering kali dampak kanker ini bisa dipulihkan.

Memiliki risiko atau tidak, tentu tidak ada salahnya untuk mengenali ciri-ciri kanker payudara. Terutama kanker payudara stadium 1. Agar jika sel kanker tersebut tumbuh, Anda tidak terlambat untuk mengobatinya. Berikut ini adalah ciri-ciri kanker payudara stadium 1 yang perlu Anda ketahui.

 

1. Munculnya benjolan di payudara

Benjolan di dalam payudara merupakan salah satu pertanda awal dari munculnya kanker payudara. Dan benjolan ini tidak selalu terasa sakit. Meski begitu, tidak semua benjolan yang muncul merupakan benjolan kanker payudara. Benjolan ini dapat teraba saat Anda melakukan pemeriksaan pribadi di rumah. Biasanya teraba saat Anda sedang menstruasi.

2. Warna kulit payudara Anda berubah

Perubahan warna ini terkadang disalahartikan dengan infeksi. Padahal, jika Anda tidak yakin dengan benjolan yang muncul di dalam payudara, perubahan warna kulit mungkin bisa membuat Anda lebih waspada. Pada tahap ini, kulit payudara akan menjadi kemerahan, seperti terjadi iritasi, tekstur kulit terasa seperti kulit jeruk, permukaan kulit area payudara yang terkena kanker tampak berlekuk-lekuk, dan terjadi penebalan kulit. Meski begitu, pada kanker payudara tipe tertentu yang cukup jarang, perubahan warna tidak terjadi.

 

3. Puting terasa sakit

Ciri-ciri dari kanker payudara stadium 1 lainnya adalah dengan munculnya perubahan pada bagian puting disertai rasa nyeri. Selain itu, ditandai dengan keluar cairan tidak normal dari puting atau puting melesak.

 

4. Muncul benjolan pada ketiak

Meski disebut kanker payudara, bukan berarti benjolan pada di bawah ketiak yang Anda temui tidak ada hubungannya dengan kanker ini. Jaringan payudara meluas hingga di bawah ketiak. Itulah kenapa kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak.

 

Ladies, untuk mengenali ciri-ciri kanker payudara stadium 1 di atas, saat ini pemerintah menggalakkan program SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) setiap bulan. Perempuan diharapkan mendeteksi kanker payudara dengan rutin memeriksa payudara sendiri, selain itu rajin melakukan SADARI juga dapat membantu Anda mengenali tekstur jaringan payudara Anda. Sehingga jika Anda merasakan ada sesuatu yang tidak biasa pada payudara (bukan perubahan tekstur payudara pada saat Pra menstruasi), Anda akan lebih menyadarinya.

Salah satu cara yang mudah adalah saat Anda mandi. Busa sabun akan memudahkan pergerakan tangan untuk memeriksa benjolan atau perubahan pada payudara. Angkat satu tangan ke belakang kepala. Dengan tangan lain yang dilumuri sabun, raba payudara di sisi tangan yang terangkat. Gunakan jari untuk menekan-nekan bagian demi bagian dengan lembut. Lakukan pada payudara di sisi lain. Jika mendapati benjolan, segera periksakan diri Anda ke dokter.

Selamat Mencoba, Ladies!