Cara Tepat Cegah Bau Mulut Selamat Puasa
04 June 2015
Hidup Seimbangku
Share

Cara Tepat Cegah Bau Mulut Selamat Puasa

Salah satu hal yang mengganggu jalannya puasa adalah bau mulut, atau yang bisa juga disebut halitosis. Apalagi jika kamu banyak beraktivitas seharian dan sering berkomunikasi dengan orang lain. Sebelum mengetahui cara mencegahnya, kamu perlu tahu dulu beberapa hal penyebab bau mulut agar bisa mengatasinya dengan tepat.

Sebenarnya, sangat umum sekali jika ketika kita bangun di pagi hari dan merasakan bau mulut. Hal ini disebabkan karena kurangnya produksi air liur di dalam mulut selama semalaman karena kita tertidur. Air liur punya peranan penting untuk membersihkan bakteri mulut, jadi jika produksi air liur berkurang, bau mulut akan mulai kita rasakan. Apalagi saat berpuasa, tidak ada makanan yang masuk ke dalam mulut kita seharian, dan mulut akan terasa lebih kering daripada biasanya.

Makanan dan gaya hidup juga berpengaruh terhadap bau mulut. Misalnya, terlalu banyak memakan bawang juga bisa menyebabkan bau mulut yang tak sedap. Terlalu banyak merokok dan minum kopi juga menjadi salah satu dari sekian banyak penyebab bau mulut. Gangguan bau mulut yang masih biasa dan bersifat sementara masih bisa diatasi dengan menjaga kebersihan mulut, misalnya dengan rutin menggosok gigi dan menggunakan obat kumur setelah makan, sebelum tidur, dan setelah bangun tidur.

Selain bau mulut yang bersifat sementara, kamu perlu tahu juga bahwa bau mulut bisa disebabkan dari masalah yang lebih serius, seperti misalnya penyakit dari dalam tubuh. Infeksi sinus, infeksi tenggorokan, diabetes dan dehidrasi merupakan beberapa penyakit yang bisa menyebabkan bau mulut. Ada baiknya kamu segera konsultasi pada dokter mengenai obat yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut jika sudah mengganggu kenyamanan dalam keseharianmu.

Beberapa hal di atas merupakan penyebab bau mulut yang bisa kamu kenali pada dirimu sendiri dan bisa mencegahnya dengan tepat, sehingga puasamu tak terganggu dan tetap bisa percaya diri saat berkomunikasi dengan orang lain. Beberapa hal lainnya yang bisa mencegah bau mulut saat berpuasa adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi makanan yang berbau tajam dan sukar hilang, seperti buah durian, petai, bawang, dan lainnya.
  • Meminum banyak air putih saat sahur dan buka puasa agar tidak terkena dehidrasi, karena dehidrasi merupakan salah satu penyebab bau mulut. Memakan buah-buahan yang mengandung banyak air juga bisa dilakukan saat sahur dan buka puasa.
  • Hindari terlalu banyak merokok, minum alkohol, dan kopi selama berpuasa. Berhenti mengonsumsi ini semua selama berpuasa bahkan lebih bagus, karea zat-zat yang ada pada rokok dan minuman beralkohol bisa membuat bau mulut.
  • Saat sahur, minumlah teh hijau tanpa gula, karena the hijau mengandung polyphenol yang dapat membantu membunuh bakteri pada rongga mulut.
  • Berolahraga juga berpengaruh besar pada kesehatan tubuh sehingga bau mulut pun teratasi jika tubuh kita dalam keadaan sehat dan bugar.

Jika masalah bau mulut terjadi bahkan saat tidak sedang berpuasa dan tidak bisa dikendalikan pencegahannya, ada baiknya kamu segera memeriksakan keadaan tubuhmu demi bisa mendapatkan solusi yang paling tepat untuk masalah bau mulut. Biasanya, adanya gangguan dalam tubuh bisa memicu aroma tak sedap yang keluar dari mulut, dan tidak bisa dihindari. Kesehatan tubuh kita ada pada cara kita memperlakukan tubuh kita sendiri sehari-hari. Jadi, sebelum semuanya menjadi masalah yang serius, perhatikan baik-baik perubahan yang ada pada tubuh kita.

Tags puasa