Cara Menjaga Kebersihan Miss V Saat Menstruasi
22 February 2018
Hidup Seimbangku
Share

Cara Menjaga Kebersihan Miss V Saat Menstruasi

            Selama menstruasi, kita juga harus tetap perlu menjaga kebersihan Miss V. Jika tidak, akan timbul berbagai hal yang tidak diinginkan, seperti Miss V berbau, gatal dan berbagai ketidaknyamanan lainnya. Nah, berikut ini ada beberapa cara menjaga kebersihan Miss V saat menstruasi.

1. Pilih pembalut yang tepat

            Pembalut yang tepat akan menjaga Anda merasa nyaman dan kering sepanjang hari. Pastikan Anda menggunakan pembalut yang sesuai dengan kegiatan dan banyaknya cairan menstruasi yang keluar.

2. Ganti pembalut dengan teratur

            Cairan menstruasi yang keluar mengandung bakteri yang kemudian bercampur dengan keringat dan keadaan lembab di sekitar Miss V. Jika Anda tidak rutin mengganti pembalut, ini bisa jadi penyebab timbulnya rasa gatal dan ruam kulit di sekitar area Miss V. Bahkan, jika terlalu sering Anda tidak mengganti pembalut bisa menyebabkan infeksi pada vagina dan saluran kemih.

3. Cuci vagina secara teratur dan benar-benar bersih.

            Vagina memiliki bagian yang dinamakan labia, bagian lipatan pada vagina. Pastikan cairan menstruasi yang menempel pada bagian tersebut Anda bersihkan dengan benar, baik sesaat setelah buang air maupun saat akan mengganti pembalut. Ini bertujuan agar tidak timbulnya bau yang tidak sedap pada vagina Anda.

4.  Jangan pernah membersihkan dari belakang ke depan.

            Saat membersihkan vagina, biasakan membersihkan dari arah depan ke belakang. Karena, jika Anda membersihkan dari arah belakang ke depan, bakteri yang berasal dari anus bisa saja masuk ke dalam vagina yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih.

5. Buang pembalut bekas dengan benar

            Saat Anda akan membuang pembalut bekas, pastikan sudah dalam keadaan benar-benar bersih dan sebelum dibuang, sebaiknya pembalut dibungkus rapat terlebih dahulu. Pembalut bekas mengandung banyak bakteri, yang jika tidak Anda bersihkan dengan benar dapat menyebarkan berbagai penyakit. 

 

Baca juga: MENGENAL SEJAK DINI PENYAKIT AREA KEWANITAAN

HARUS RUTIN GANTI PEMBALUT SAAT MENSTRUASI, INI ALASANNYA

Tags vagina