Cara Alami Menurunkan Kadar Kortisol
20 September 2018
Hidup Seimbangku
Share

Cara Alami Menurunkan Kadar Kortisol

            Kortisol merupakan hormon stres yang dikeluarkan oleh kelenjar adrenal. Hormon ini penting dalam membantu tubuh menghadapi situasi penuh tekanan, karena otak memicu pelepasannya sebagai respon terhadap berbagai jenis stres.

            Ketika kadar kortisol terlalu tinggi dan terlalu lama dikeluarkan, hormon ini dapat menyakiti tubuh Anda. Seiring berjalannya waktu, tingginya kadar kortisol yang dikeluarkan dapat memicu naiknya berat badan dan tekanan darah tinggi, mengganggu tidur, berdampak negatif pada suasana hati, mengurangi tingkat energi, serta berkontribusi terhadap diabetes tipe 2 dan osteoporosis.

            Untuk menurunkan kadar kortisol dapat tubuh, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

 

Pastikan kuantitas dan kualitas tidur yang tepat

            Kuantitas dan kualitas tidur sangat mempengaruhi kadar kortisol dalam tubuh. Kurang tidur juga dapat meningkatkan kadar kortisol. Bekerja pada malam hari dan tidur di siang hari juga bisa menjadi pemicu hormonal yang berpengaruh terhadap kelelahan dan masalah lain yang berhubungan dengan tingginya kadar kortisol.

 

Belajar kenali dan kendalikan stres

            Stres menjadi faktor pelepasan hormon kortisol. Mengendalikan stres bisa menjadi cara yang Anda lakukan untuk menurunkan pelepasan kortisol.

 

Memelihara binatang

            Saat berinteraksi dengan binatang juga bisa mengurangi kadar kortisol. Suatu penelitian menunjukkan bahwa berinteraksi dengan anjing dapat mengurangi tekanan dan mengakibatkan perubahan kortisol.

 

Konsumsi makanan sehat

            Asupan nutrisi dapat mempengaruhi kadar kortisol. Asupan gula merupakan salah satu pemicu pelepasan kortisol. Konsumsi gula secara teratur dan cenderung banyak dapat meningkatkan kadar kortisol, terutama pada orang dengan berat badan berlebih.

            Beberapa makanan yang dapat bermanfaat menurunkan kadar kortisol, yakni dark chocolate, buah-buahan, teh hitam dan hijau, makanan sumber probiotik dan prebiotik, serta air.

 

Tags hormon stres