Buat Kualitas Tidur Menjadi Lebih Baik
20 August 2018
Hidup Seimbangku
Share

Buat Kualitas Tidur Menjadi Lebih Baik

            Kualitas tidur yang baik sama pentingnya dengan olahraga teratur dan diet sehat. Sedangkan, kualitas tidur yang buruk memiliki efek negatif pada kinerja tubuh dan fungsi otak. Kualitas tidur yang buruk juga menjadi penyebab kenaikan berat badan dan risiko terkena berbagai penyakit.

            Agar kualitas tidur Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya, bisa coba beberapa tips berikut ini:

 

Atur asupan cahaya pada siang dan malam hari

            Pastikan Anda mendapat asupan cahaya matahari sehat pada siang hari dan tidak mendapatkan cahaya sama sekali beberapa saat di malam hari sebelum tidur. Hal tersebut dapat mempengaruhi otak, tubuh dan hormon, sehingga tubuh tahu kapan harus terjaga dan kapan harus tidur. Cara ini juga dapat meningkatkan energi di siang hari dan meningkatkan kualitas serta kuantitas tidur di malam hari.

 

Mengurangi paparan bluelight pada malam hari

            Cahaya biru atau bluelight yang dihasilkan dari laptop, komputer, TV dan smartphone dapat merusak kualitas tidur Anda. Sebaiknya gunakan kacamata khusus penghalang bluelight, aplikasi pada smartphone penghalang bluelight, serta berhenti menonton TV dua jam sebelum tidur dapat memperbaiki kualitas tidur Anda.

 

Jangan mengonsumsi kafein saat malam menjelang

            Kafein akan membuat mata Anda terjaga saat waktu yang seharusnya Anda gunakan untuk tidur. Jika Anda tetap memaksa untuk mengonsumsinya, justru akan merusak kualitas tidur Anda. Sebaiknya Anda mengonsumsi kafein paling terakhir, yakni pukul 3-4 sore, untuk mendapatkan kualitas tidur yang tetap baik.

 

Optimalkan kondisi kamar tidur

            Banyak orang yang percaya bahwa kamar tidur yang nyaman dapat menjadi faktor utama seseorang tidur lebih nyenyak. Ini mencakup aspek suhu, kebisisngan, pemilihan hingga peletakan furnitur. Untuk mengoptimalkan kondisi kamar tidur yang akan membuat Anda nyaman, cobalah meminimalisir kebisingan eksternal dan cahaya pada ruangan. Pastikan kamar tidur Anda tenang, bersih dan nyaman.

 

Atur suhu

            Suhu tubuh dan kamar tidur juga mempengaruhi kualitas tidur. Peningkatan suhu tubuh dan kamar tidur dapat menurunkan kualitas tidur dan meningkatkan kesadaran. 20 derajat Celcius menjadi suhu ideal pada kamar yang akan membuat Anda nyaman saat tidur.

 

Jangan makan terlalu malam

            Makan terlalu larut dapat berdampak negative terhadap kualitas tidur, serta pelepasan hormon pertumbuhan alami dan melatonin. Mengonsumsi makanan dalam jumlah besar sebelum tidur dapat menyebabkan kualitas tidur menjadi buruk dan gangguan hormon. Sedangkan, jika Anda mengonsumsi karbohidrat 4 jam sebelum tidur bisa membantu Anda tertidur lebih cepat.

 

Bersantai dan bersihkan pikiran di malam hari

            Teknik relaksasi sebelum tidur telah terbukti meningkatkan kualitas tidur. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk relaksasi sebelum tidur, seperti mendengarkan musik santai, membaca buku, mandi air hangat dan latihan pernapasan dalam.

 

Baca juga: Perbaiki Kualitas Tidur dan Berat Badan dengan Asupan Protein 

Kerusakan Otak Yang Akan Terjadi Jika Kurang Tidur?