ATASI MORNING SICKNESS DENGAN CARA INI
31 July 2017
Hidup Seimbangku
Share

ATASI MORNING SICKNESS DENGAN CARA INI

Morning sickness adalah rangsangan mual dan muntah yang sering terjadi di masa kehamilan. Meskipun dinamakan morning sickness, mual dan muntah ini tidak hanya terjadi di pagi hari. Perubahan hormon, stres emosional, kelelahan, kadar gula darah yang menurun, hingga beberapa jenis makanan merupakan penyebab terjadinya morning sickness pada awal masa kehamilan. Rasa mual yang kemudian terkadang diikuti muntah ini dapat diatasi dengan beberapa cara, salah satunya yaitu memperhatikan apa yang Anda konsumsi. Morning sickness umumnya terjadi pada saat masa kehamilan trimester pertama, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk terus terjadi selama masa kehamilan berlangsung. Berikut cara mengatasinya:

 

1. Jika Anda merasa mual saat bangun tidur, cobalah makan biskuit tawar terlebih dahulu, kemudian bangun perlahan dari tempat tidur.

2. Makanlah dalam porsi kecil, tetapi sering. Hindari makan dalam porsi besar dalam sekali makan. Lambung yang terlalu penuh dapat memicu terjadinya mual dan muntah.

3. Kurangi makan makanan tinggi lemak dan tinggi garam, makanlah makanan yang tinggi protein dan yang termasuk dalam golongan karbohidrat kompleks seperti roti gandum, beras merah, dan oats. Setangkup roti gandum dengan selai kacang rendah lemak dapat menjadi pilihan snack yang aman untuk Anda konsumsi.

4. Hindari makanan yang berbau tajam dan menyengat.

5. Kurangi konsumsi minuman bersoda, beralkohol, berkafein, dan yang terlalu manis.

6. Pilihlah makanan yang bersuhu dingin atau suhu ruang. Makanan yang disajikan dalam keadaan panas dapat mengeluarkan aroma yang cukup tajam dan dapat memperparah mual.

7. Coba masukkan jahe ke dalam menu makan harian Anda. Secangkir jahe hangat, teh jahe, bahkan permen jahe dapat membantu Anda mengatasi rasa mual. Jahe sudah terbukti menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi mual tanpa adanya efek samping yang berbahaya.

 

Selain memperhatikan apa yang Anda konsumsi, mengubah beberapa kebiasaan jangan lupa juga untuk memperhatikan kondisi lingkungan di sekitar Anda. Misalnya ventilasi ruangan yang memungkinan pertukaran udara dengan baik juga dapat mengurangi mual terutama jika Anda menjadi lebih sensitif dengan aroma-aroma tertentu.