YUK KENALAN DENGAN METODE DIET GM. TURUNKAN BERAT BADAN DALAM 7 HARI?
22 September 2017
Hidup Seimbangku
Share

YUK KENALAN DENGAN METODE DIET GM. TURUNKAN BERAT BADAN DALAM 7 HARI?

Metode diet yang sedang menjadi perbincangan akhir-akhir ini adalah diet GM. Diet ini dikenal dengan diet General Motors yang mengharuskan batasan menu dan porsi makan untuk diet selama satu minggu dengan imbalan turun berat badan hingga 7 kilogram. Namun, hasil akhir ini akan bisa mulus tercapai jika Anda melakukannya dengan benar.

Apa Itu Diet GM?

Diet GM awal mulanya digunakan untuk karyawan General Motors pada tahun 1985 di Amerika Serikat, dan menyebar ke kalangan umum. Dalam diet ini Anda diminta untuk merencanakan asupan makanan yang minim kalori namun kaya asupan gizi, yang harus dipatuhi dalam 7 hari berturut-turut.

Penting untuk dicatat bahwa kebanyakan menu makan dalam rencana diet GM melibatkan variasi buah dan sayuran. Misalnya, makanan pada hari pertama, Anda hanya dibolehkan makan buah-buahan. Lalu, di hari kedua, Anda dibolehkan hanya makan sayuran, dan seterusnya.

Selain berat badan yang turun, diet ini juga menjanjikan detoksifikasi mengeluarkan racun dan kotoran dalam tubuh hingga memperbaiki fungsi pencernaan.

 

Cara Menjalankan Diet GM

Diet GM menganjurkan Anda untuk memperbanyak makan makanan yang mengandung banyak air. Karena buah, sayuran, dan makanan yang mengandung banyak air dipercaya bisa meningkatkan pembakaran lemak sembari membantu membilas racun dari dalam tubuh.

Berikut contoh rencana makan pola diet GM:

    Hari pertama. Anda dianjurkan hanya makan buah. Boleh buah apapun, kecuali pisang.

    Hari kedua. Anda dianjurkan untuk makan sayuran, boleh dimakan mentah ataupun dimasak.

    Hari ketiga. Anda masih dianjurkan makan buah dan sayuran. Kecuali pisang dan kentang.

    Hari keempat. Anda dianjurkan untuk makan buah pisang dan susu saja. Anda bisa makan 6 buah pisang berukuran besar, atau 8 buah pisang berukuran kecil. Sedangkan susu yang dikonsumsi disarankan menggunakan susu rendah lemak sebanyak 3 gelas. Konsumsilah pisang dan susu saja.

    Hari kelima. Anda disarankan makan 2 porsi daging tanpa lemak (boleh daging, sapi, ikan, ayam) sebanyak 300 gram ditemani dengan 6 buah tomat. Jangan lupa juga untuk meningkatkan asupan air yang cukup untuk membantu pemecahan purin dari konsumsi daging. Anda juga masih diperbolehkan makan sup sayuran.

    Hari keenam. Sama seperti hari sebelumnya, Anda dianjurkan makan daging sebanyak 300 gram dan sayuran apapun, kecuali kentang.

    Hari ketujuh atau terakhir. Anda sudah diperbolehkan makan nasi, tapi hanya nasi merah saja. Selain itu Anda juga dianjurkan makan buah ataupun sayuran mentah. Boleh juga minum jus

Anda dianjurkan untuk minum banyak air putih (sampai 12-15 gelas) setiap harinya selama menjalani diet ini. Hal ini bertujuan untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh Anda.

 

Amankah Metode Diet GM?

Meskipun diet ini menganjurkan Anda banyak makan makanan sehat seperti buah, sayuran dan mengurangi makan-makanan yang manis, diet ini masih punya banyak kekurangan. Jika dilakukan terus menerus akan berpotensi mengurangi beberapa nutrisi penting dalam tubuh yang tidak terdapat dalam buah dan sayuran, seperti protein. Meski memang asupan protein dapat meningkatkan nafsu makan dan berat badan, tapi kita tidak boleh juga serta merta melupakan pentingnya fungsi protein bagi tubuh.

Protein penting untuk perbaikan dan regenerasi sel serta jaringan tubuh, mengatur hormon dan sistem imun tubuh, hingga menyuplai energi dan membentuk otot.

Jadi, diet GM yang terlalu sering bisa membuat tubuh kekurangan protein. Selain itu, kekurangan gizi penting dalam tubuh, apapun bentuknya, tidak akan menyebabkan penurunan berat badan yang bertahan lama. Yang ada, membatasi jenis makanan setiap hari malah bisa membuat Anda cepat pusing dan justru ingin makan lebih banyak pada hari ketiga atau keempat.

Kekurangan nutrisi dapat membuat Anda mengalami kerontokan rambut yang parah, kulit menjadi kering, mudah lelah, otot menjadi lemah, dan anemia. Hanya sedikit kalori yang masuk ke tubuh ditambah dengan tidak diimbangi oleh olahraga teratur, membuat diet GM juga dapat menyebabkan metabolisme tubuh menjadi lebih lambat.

Sekarang saatnya Anda memilih apakah ingin melakukan metode diet ini atau menerapkan pola makna sehat dan teratur sambil berolahraga secara rutin. Cara ini, meski lebih lambat, tapi akan membuat penurunan berat badan Anda lebih sehat.