YUK, BERKENALAN DENGAN STEVIA! SI BAHAN PEMANIS PENGGANTI GULA
07 August 2018
Hidup Seimbangku
Share

YUK, BERKENALAN DENGAN STEVIA! SI BAHAN PEMANIS PENGGANTI GULA

            Stevia berasal dari tanaman yang tidak akan menambahkan asupan kalori Anda. Stevia bisa digunakan sebagai bahan pemanis pengganti gula. Beberapa jenis stevia berasal dari New Mexico, Arizona dan Texas. Tetapi, jenis stevia terbaik tumbuh di Paraguay dan Brasil.

            Menurut Federal Food and Drug Administration (FDA), glikosida steviol dalam stevia memiliki kemurnian tinggi dan dianggap aman untuk digunakan dalam makanan. Stevia juga memiliki rasa 200 kali lebih manis daripada gula biasa dengan jumlah yang sama.

            Selain dapat menjadi bahan pemanis tambahan, stevia juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Menurut sebuah artikel yang diterbitkan pada tahun 2017 di Journal of Medicinal Food, stevia memiliki potensi untuk mengobati penyakit endokrin, seperti obesitas, diabetes dan hipertensi. Studi lain juga menunjukkan stevia dapat bermanfaat bagi orang-orang dengan diabetes tipe 2.

            Sebuah studi pada tahun 2010 yang dipublikasikan pada jurnal Appetite, menguji beberapa pemanis buatan terhadap beberapa jenis gula pada 19 orang kurus dan 12 orang obesitas. Studi tersebut menemukan orang menjadi tidak makan berlebihan setelah mengonsumsi makanan yang dibuat dengan stevia, dibandingkan jenis gula lainnya. Gula darah mereka juga lebih rendah setelah makan makanan yang dibuat dengan stevia. Selain itu, makanan dengan tambahan stevia juga dapat membuat kadar insulin lebih rendah.

            Perlu diperhatikan, stevia dapat menyebabkan tekanan darah rendah, sehingga harus diperhatikan bagi orang yang mengonsumsi obat tekanan darah. Ada juga penelitian berkelanjutan yang meneliti kandungan kimia tertentu dalam stevia, apakah dapat menyebabkan mutasi genetik dan kanker.

            Stevia juga dapat berinteraksi dengan anti-jamur, anti-peradangan, anti-mikroba, obat anti-kanker, penekan nafsu makan, calcium channel blocker, obat penurun kolesterol, obat-obatan yang meningkatkan buang air kecil, kesuburan dan obat-obatan lainnya. Bagi sebagian orang, disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi stevia, terutama dalam jumlah yang cukup banyak dan sering.

 

Baca juga: BERKENALAN DENGAN GULA DARAH DAN FUNGSINYA BAGI TUBUH 

Jalani Puasa yang Aman untuk Penderita Diabetes