Turunkan Berat Badan Tanpa Mengurangi Porsi Makan
27 April 2018
Hidup Seimbangku
Share

Turunkan Berat Badan Tanpa Mengurangi Porsi Makan

            Porsi makan yang dikurangi seringkali menjadi pilihan seseorang untuk menurunkan berat badan. Berkurangnya porsi makan dipercaya dapat menahan asupan lemak, sehingga perlahan berat badan akan menurun.

            Padahal sebenarnya, Anda bisa menurunkan berat badan tanpa harus mengurangi porsi makan. Anda hanya cukup mengimbangi kandungan nutrisi yang terdapat dalam satu porsi, bukan kuantitasnya.

            Bukan tentang cara mengurangi kuantitas makanan dalam satu porsi, tapi yang harus Anda turunkan adalah jumlah kalori dalam satu porsi. Bila Anda mengurangi jumlah makanan, belum tentu sama dengan Anda mengurangi jumlah kalori yang dimakan.

            Sebuah studi di Penn State University menyarankan untuk fokus terhadap penyusunan pola makan sehat dengan rendah kalori, bukan pada proses penurunan berat badan, karena jika Anda sudah menggunakan pola makan sehat secara tidak langsung berat badan Anda juga akan turun dengan sendirinya, serta akan terjaga pada berat badan ideal.

            Berdasarkan sebuah percobaan klinis, membandingkan porsi makan dari 39 wanita yang sudah mengikuti percobaan penurunan berat badan pada tahun sebelumnya dengan 63 wanita yang belum pernah mengikuti percobaan sama sekali.

            Semua wanita tersebut selalu datang ke lab studi selama 4 minggu untuk mengonsumsi 7 jenis porsi makanan yang berbeda.

            Para wanita yang terdiri dari 39 orang sebelumnya sudah diberikan informasi mengenai berbagai strategi untuk menurunkan berat badan, termasuk menghitung porsi, kepadatan kalori dari berbagai jenis makanan, serta membuat pilihan makanan yang lebih sehat.

            Setelah diberikan informasi seputar hal tersebut, diharapkan 39 wanita tersebut dapat mengontrol porsi makan, sehingga dapat makan lebih makanan yang tidak sehat dibandingkan dengan 63 wanita yang belum diberikan informasi sebelumnya.

            Hasilnya, antara 39 wanita dan 63 wanita tidak memiliki perbedaan porsi saat makan yang signifikan. Justru wanita-wanita tersebut cenderung lebih banyak makan saat diberikan makanan dalam porsi yang cukup besar dari sebelumnya.

            Namun, kedua kelompok tersebut memiliki satu perbedaan, yakni 39 wanita walaupun mengonsumsi porsi makan yang sama dengan 63 wanita, tapi mereka lebih cenderung mengonsumsi makanan rendah kalori, seperti salad, ketimbang makanan tinggi kalori, seperti roti.

            Penelitian ini memang tidak mengukur berat badan para pesertanya, namun para peneliti percaya bahwa jika seseorang sudah memiliki pola makan sehat dengan mengurangi asupan kalori, maka dengan sendirinya berat badan akan turun.

 

Baca juga: Supaya Diet Jadi Happy 

Diet Rendah Lemak Atau Diet Rendah Karbohidrat Yang Lebih Maksimal Menurunkan Berat Badan??