Tips Agar Tak Kalap Makan Saat Berbuka Puasa
04 June 2015
Hidup Seimbangku
Share

Tips Agar Tak Kalap Makan Saat Berbuka Puasa

Rasa lapar yang ditahan selama berpuasa biasanya akan memuncak sesaat sebelum berbuka puasa. Akibatnya, banyak makanan yang ingin kita lahap tanpa memikirkan hal lainnya lagi. Kalap makan saat berbuka puasa ternyata dapat menimbun lemak yang berakibat buruk pada tubuh dan kesehatan lho. Belum lagi ancaman naiknya berat badan yang sering dihindari oleh sebagian besar wanita. Wah, lalu bagaimana seharusnya kita menyikapinya? Dengan mengatur menu makanan saat sahur dan berbuka sudah bisa membantumu agar tak kalap dalam memakan semua hidangan saat buka puasa tiba.

Hindari makanan dan minuman yang terlalu manis saat berbuka puasa, karena biasanya makanan yang manis akan memicu rasa lapar lagi lebih banyak dalam waktu yang cukup pendek. Jadi, keinginan untuk makan lagi dan lagi akan terus terasa sampai tak sadar sudah seberapa banyak kamu makan malam ini. Jika sudah begitu, kamu baru hanya akan berhenti saat perutmu sudah tak sanggup lagi menerima makanan. Kemudian efeknya akan banyak kamu rasakan di kemudian hari, seperti tertimbunnya banyak lemak yang menyebabkan kegemukan, hingga adanya gangguan pencernaan karena makan sembarangan makanan yang rendah kandungan gizinya tapi tinggi kalori. Tak mau kan setelah bulan puasa, lemak yang ada di tubuhnya semakin banyak jumlahnya dan mengganggu penampilanmu saat Lebaran?

Solusinya adalah, siapkan dan rencanakan menu sahur dan buka puasamu dengan bijak dan memperhatikan banyaknya gizi yang kamu dapatkan dari makanan tersebut. Saat sahur dan buka puasa, ada baiknya kamu menyediakan buah dan sayur yang kaya serat agar bisa menunda lapar lebih lama. Lengkapi makananmu dengan protein, karbohidrat dan lemak saat sahur, dan hindari terlalu banyak makanan gorengan saat berbuka puasa.

Pada dasarnya, minum banyak air putih saat buka puasa, serta makan makanan yang ringan dulu sebelum kemudian makan makanan berat adalah pola makan yang baik untuk kesehatan selama berpuasa. Beri jeda waktu selama 15-20 menit dulu sejak makan ringan, sebelum kemudian lanjut makan berat.

Sugesti lapar mata biasanya sering terjadi setiap sore hari sebelum berbuka puasa. Rasanya mau menghidangkan banyak makanan yang akan kamu makan nanti. Padahal, jika makanan sudah lengkap kandungan gizinya, tak perlu porsi banyak pun akan membuat perut lebih cepat merasa kenyang. Bijaklah dalam menghidangkan makanan agar nantinya tak mubazir karena terlalu banyak dihidangkan. Selalu merasa cukup pada rezeki yang hari ini didapatkan sebetulnya juga bisa menjadi hal yang menahanmu untuk makan berlebihan. Karena sebenarnya, makan yang baik adalah makan yang secukupnya dan berhenti sebelum kenyang.

Tags puasa ramadan