Tetap Nyaman Menikmati Kopi Saat Ramadan
23 May 2018
Hidup Seimbangku
Share

Tetap Nyaman Menikmati Kopi Saat Ramadan

            Racun yang terdapat di dalam tubuh, bisa meningkatkan kerusakan sel dan risiko tertular berbagai macam penyakit. Minum kopi bisa membantu mengeluarkan racun-racun tersebut dari dalam tubuh, karena mengandung antioksidan. 

            Selain itu, kopi seringkali menjadi pilihan untuk mengusir rasa kantuk. Namun, bagaimana jika dikonsumsi selama Ramadan? Mengonsumsi kopi saat Ramadan bisa saja memicu kelelahan dan bahkan sakit kepala. Jika Anda rutin mengonsumsi kopi di luar bulan Ramadan, mungkin akan menjadi sangat kesulitan untuk tidak mengonsumsi kopi saat Ramadan.

            Anda masih bisa menikmati secangkir kopi selama Ramadan. Agar bisa tetap menikmati kopi dengan nyaman selama Ramadan, Anda bisa:

  • Jika Anda minum 3 cangkir kopi sehari, sebaiknya dua minggu sebelum Ramadan Anda harus membiasakan dengan memulai minum kopi dengan kombinasi setengah cangkir kopi non kafein dan setengah cangkir lainnya tetap berkafein. Lakukan selama 2-3 hari pertama. Pada hari-hari berikutnya, tingkatkan menjadi satu cangkir kopi tanpa kafein. Begitu seterusnya hingga Anda mengonsumsi tiga cangkir kopi tanpa kafein.
  • Satu minggu sebelum Ramadan, cobalah Anda benar-benar minum kopi tanpa kafein, dan lakukan dua jam setelah shalat Magrib. Cara ini agar tubuh dapat mempersiapkan diri dan beradaptasi.

 

Selama Ramadan Anda bisa tetap aman dan nyaman menikmati kopi dengan cara:

  • Hindari berbuka puasa dengan secangkir kopi, karena kafein pada kopi akan meningkatkan asam lambung, sehingga lama-kelamaan akan melukai mukosa lambung.
  • Sebaiknya minum secangkir kopi dua jam setelah berbuka puasa. Dengan cara ini, Anda membiarkan tubuh terlebih dahulu menyesuaikan kadar glukosa darah yang berubah saat berbuka puasa. Selain itu, minum kopi akan membantu Anda mencegah kantuk setelah berbuka.
  • Jika ingin menikmati secangkir kopi saat larut malam, sebaiknya pilihlah kopi tanpa kafein. Atau, Anda bisa menggantinya dengan teh herbal, seperti thyme atau chamomile yang sehat dan menyejukkan.
  • Saat sahur ingin menikmati kopi? Tidak masalah. Nikmati kopi setelah atau bersamaan dengan sahur akan membuat Anda waspada dan konsentrasi sepanjang hari saat berpuasa.

 

Baca juga: Hilangkan Mata Panda Dengan Kopi 

8 CARA ALAMI OBATI SESAK NAFAS TANPA OBAT