Terlalu Banyak Asupan Protein Bagi Tubuh
26 June 2018
Hidup Seimbangku
Share

Terlalu Banyak Asupan Protein Bagi Tubuh

            Terdapat sembilan jenis asam amino esensial yang hanya bisa kita dapatkan dari asupan makanan, serta dua belas jenis lainnya sudah terdapat dan dihasilkan sendiri oleh tubuh. Kualitas asupan protein dari hewani sesungguhnya lebih baik dibandingkan protein nabati.

            Banyak orang menyatakan bahwa terlalu banyak asupan protein akan membantu mengeluarkan kalsium dari dalam tulang, sehingga akan menyebabkan osteoporosis. Selain itu, terlalu banyak asupan protein juga dikatakan bisa menghancurkan ginjal.

            Sebuah studi yang dilakukan selama sembilan minggu, mengganti asupan karbohidrat dengan protein daging. Hasilnya, protein dalam daging tidak mempengaruhi pengeluaran kalsium, bahkan meningkatkan beberapa hormon yang dikenal dapat meningkatkan kesehatan tulang.

            Walaupun dalam jangka pendek asupan tinggi protein dapat meningkatkan ekskresi kalsium dalam jangka pendek, tetapi dalam jangka panjang justru peningkatan asupan protein diketahui dapat meningkatkan kepadatan tulang dan menurunkan risiko patah tulang, yang juga berhubungan dengan meningkatkan kesehatan tulang.

            Asupan tinggi protein memang dapat membuat ginjal bekerja lebih keras dalam menyaring darah. Namun, hal tersebut tidak menjadi masalah besar bagi mereka dengan ginjal yang sehat. Kerusakan pada ginjal sendiri bukan disebabkan oleh asupan protein, melainkan oleh hipertensi dan diabetes.

            Bisa disimpulkan bahwa mengonsumsi makanan dengan tinggi kalsium tidak akan berpengaruh buruk bagi kesehatan organ tubuh Anda, seperti tulang dan ginjal. Justru dalam jangka panjang protein sangat baik bagi kesehatan tulang, dan tidak berpengaruh sama sekali pada ginjal sehat Anda. Jadi, tetaplah konsumsi makanan dengan tinggi protein sesuai dengan kebutuhan harian Anda.

 

Baca juga: 7 Tanda Ini Menunjukkan Tubuh Kamu Kekurangan Protein 

TERLIHAT SEPELE! KEBIASAAN INI DAPAT MERUSAK GINJAL?

Tags protein