Seledri, Sayuran Hijau Dengan Segudang Manfaat
07 March 2018
Hidup Seimbangku
Share

Seledri, Sayuran Hijau Dengan Segudang Manfaat

            Sayuran hijau dengan nama Latin Apium graveolens L. ini memiliki segudang nutrisi dan manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Sebut saja vitamin K, vitamin C, kalium, folat dan vitamin B6, kandungan nutrisi yang terdapat di dalam seledri.

            Kandungan serat di dalam seledri juga dapat meningkatkan kerja sistem pencernaan dan berperan dalam menurunkan berat badan. Tingginya kandungan air dan elektrolit pada seledri juga dapat mencegah Anda dari dehidrasi dan mengurangi kembung.

            Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Farmakologi di Universitas Singapura terhadap tikus, ditemukan bahwa tikus yang yang diberi ekstrak seledri selama 8 minggu memiliki jumlah lipid dalam darah jauh lebih rendah, dibandingkan tikus yang tidak mengonsumsi ekstrak seledri.

            Nyeri sendi, infeksi asam urat, ginjal, hati, gangguan kulit, iritasi usus besar dan infeksi saluran kemih merupakan beberapa peradangan yang dapat diredakan dengan mengonsumsi seledri. Hal ini telah diidentifikasikan oleh beberapa peneliti, karena seledri mengandung banyak antioksidan, seperti asam fenolik seperti asam caffeic dan asam ferulic.

Sebuah studi 2010 yang dipublikasikan di Journal of Pharmaceutical Biology menemukan bahwa seledri mengandung ekstrak etanol yang berguna melindungi lapisan saluran pencernaan dari ulkus. Para peneliti juga mengatakan bahwa kandungan flavonoid, tanin, minyak atsiri dan alkaloid dalam seledri dapat mengendalikan kadar asam lambung.

            Seledri juga mengandung polyacetylenes yang berdampak baik terhadap sistem kekebalan tubuh, termasuk kemampuannya melawan tumor dan menghentikan sel yang bermutasi berkembang biak, khususnya pada kanker payudara, kanker usus dan leukemia. Menurut fakultas Departemen Ilmu Pertanian di Universitas Aarhus Denmark, polyacetylenes menunjukkan seledri berperan sebagai anti-inflamasi, antitumor, serta aktif melawan bakteri dan mikoplasma.

 

Baca juga: Ladies, Ini Tujuh Makanan Pencegah Kanker Payudara

Vegetarian Ternyata Tak Lebih Bahagia dari Pemakan Daging