SAYURAN INI BANTU TURUNKAN KOLESTEROL
27 July 2017
Hidup Seimbangku
Share

SAYURAN INI BANTU TURUNKAN KOLESTEROL

Sayuran terong merupakan salah satu sayur yang paling populer di Indonesia. Keberadaannya yang tak kenal musim juga menjadikan sayuran ini sangat sering dijumpai baik itu di pasar ataupun di supermarket. Selain bisa diolah menjadi lauk yang lezat, terong ternyata juga bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh salah satunya adalah dapat membantu menurunkan kolesterol.

Mosby’s Manual of Diagnostic and Laboratory Tests menyebutkan jika terong ternyata memiliki kemampuan khusus dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebagaimana kita ketahui, tingginya kadar kolesterol jahat bisa memicu masalah kesehatan berbahaya layaknya serangan jantung atau bahkan stroke. Karena alasan ini banyak pakar kesehatan yang menyarankan kita rutin mengkonsumsi terong agar lebih baik dalam menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Pakar kesehatan menyebutkan jika terong ternyata kaya akan kandungan serat, vitamin B dan juga tembaga. Selain itu, terong menyediakan nutrisi berupa vitamin B1, vitamin B6, asam folat, vitamin K, hingga kalium dan niasin. Beberapa jenis fitonutrien layaknya nasunin dan juga asam chlorogenic yang diyakini menjadi asupan yang sangat penting bagi kesehatan otak kita juga ada di dalam sayuran yang memiliki bentuk panjang ini. Selain itu, terong dikenal luas sebagai makanan yang rendah karbohidrat sehingga akan sangat baik bagi kita dalam mengelola gula darah.

Sebagai informasi, kadar kolesterol dalam tubuh normalnya adalah 200 mg/dL dan sebaiknya tidak melebihi angka 239 mg/dL karena bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dengan signifikan. Beruntung, andai kita rutin mengkonsumsi terong selama sebulan penuh, maka kadar kolesterol ini bisa diturunkan hingga 20 mg/dL. Adanya fakta ini berarti kita memang mulai lebih rutin mengkonsumsi sayuran sehat ini demi menjaga kadar kolesterol tubuh tetap dalam kadar yang normal.

Jadi jika Anda ingin kadar kolesterol Anda normal, sebaiknya konsumsi terong kukus, rebus ataupun di panggang. Tapi Ladies, sebaiknya hindari memasak terong menggunakan minyak maupun dimasak bersama santan. Bukan malah mengurangi, tapi itu hanya akan menambah kadar kolesterol Anda.