Pentingnya Makan Kurma Saat Puasa
28 May 2015
Hidup Seimbangku
Share

Pentingnya Makan Kurma Saat Puasa

Sudah tak perlu diragukan lagi, kalau buah kurma adalah makanan yang paling baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa dan juga sahur. Kandungan yang ada di dalam buah kurma ini sangat banyak manfaatnya untuk tubuh, apalagi saat sedang berpuasa. Tubuh perlu asupan yang baik untuk menjaga kestabilan energi untuk seharian penuh tanpa makan dan minum. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mulai membiasakan diri untuk menyediakan buah kurma di rumahmu, apalagi selama bulan puasa.

Ada yang tidak suka dengan rasa buah kurma yang terlalu manis? Atau karena tampilannya kurang menarik? Jangan dulu memilih untuk jauh-jauh dari buah ini. Kamu bisa mengolahnya menjadi makanan dengan rasa yang lebih enak, misalnya dibuat sebagai kolak, atau dicampur madu dan buah lainnya. Pada dasarnya, semua makanan yang baik adalah tergantung pada bagaimana kita bisa mengolahnya dengan baik dan takaran yang secukupnya. Jadi, jangan ragu untuk mengolah buah kurma ya.

Jika kamu belum juga tahu seberapa penting kurma untuk dikonsumsi saat bulan puasa, simak di sini 7 alasan harus makan kurma.

  1. Buah kurma sebagai penangkal racun yang ada dalam tubuh, karena buah kurma mengandung vitokimia dan antioksidan yang bisa menjaga tubuhmu dari berbagai penyakit yang mungkin bisa mudah menyerangmu saat bulan puasa.
  2. Buah kurma juga punya kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan kulitmu. Apalagi saat puasa, tubuh akan kekurangan banyak cairan karena kurang minum, dampaknya kulit jadi mudah kering dan kadang bisa juga menjadi kusam. Salah satu makanan yang bisa menjaganya adalah buah kurma.
  3. Buah kurma mengandung hingga 70% glukosa. Glukosa ini mudah dicerna dan dibakar oleh tubuh sehingga menghasilkan energi yang membuatmu tidak cepat lelah di siang hari. Oleh karena itu, buah kurma juga baik dimakan saat makan sahur agar puasamu tetap lancar sepanjang hari.
  4. Buah kurma bisa melancarkan buang air besar. Jika kamu punya masalah pencernaan selama melaksanakan puasa, buah kurma bisa menjadi makanan yang kamu pilih. Makanan yang kamu makan saat sahur dan berbuka puasa kadang bisa membuat lambung kaget atau susah mencernanya, sehingga kegiatan buang air besar juga ikut terganggu. Pastikan pola makanmu agar tidak mengganggu kesehatan selama berpuasa.
  5. Untuk kamu yang sedang dalam program diet, kurma juga bisa jadi salah satu makanan yang perlu dikonsumsi. Buah kurma memiliki kalori yang tinggi sehinga dapat membuatmu bisa menahan lapar lebih lama.
  6. Selain dapat mencegah penyakit seperti diare, buah kurma yang dikonsumsi secara rutin juga bisa menjagamu dari penyakit penting lainnya yang perlu dihindari, seperti misalnya usus buntu, dan gangguan pada jantung dan paru-paru.
  7. Selain untuk kesehatan, buah kurma juga banyak manfaatnya dalam hal kecantikan, misalnya rambut. Meskipun bulan puasa, jangan sampai tubuh menjadi kurang perhatian sehingga melewatkan untuk merawat bagian tubuh yang terlihat.

Jangan lupa juga untuk menyimpan buah kurma dengan baik, dan perhatikan ciri buah kurma yang masih baik untuk dimakan ya. Tekstur buah kurma yang sudah lengket dan tidak legit sebaiknya jangan dimakan. Normalnya, buah kurma bisa disimpan berbulan-bulan pada suhu dingin kulkas.

Masih ragu untuk mengonsumsi buah yang kaya akan manfaat seperti buah kurma ini? Sebaiknya sediakan sejak sekarang yuk untuk persediaan di rumah.

Tags puasa