NOROVIRUS DALAM TIRAM
03 August 2018
Hidup Seimbangku
Share

NOROVIRUS DALAM TIRAM

            Belum lama ini, terdapat kasus terkait tiram mengandung norovirus yang membuat 100 orang sakit di California dan 172 orang di Kanada.

            Norovirus adalah virus sangat menular yang menyebabkan muntah dan diare mendadak. Virus dapat menyebar dari orang ke orang, atau dengan memakan makanan yang terkontaminasi. Tiram dan kerang lainnya menjadi penyebab umum wabah norovirus.

            Tiram yang mengandung norovirus bisa terjadi terpapar dengan kotoran manusia yang dan muntahan. Limbah, seperti kotoran manusia dan muntahan bisa saja masuk ke laut dalam beberapa cara berbeda, misalnya, melalui sistem septik yang bocor, instalasi pengolahan air limbah yang salah atau bahkan para pengunjung pantai yang menggunakan laut sebagai toilet mereka.

            Karena tiram dan kerang lainnya menyaring air laut melalui tubuh mereka untuk mendapatkan makanan, partikel norovirus yang ada di dalam air dapat terakumulasi dalam tiram dan kerang lainnya. Meskipun banyak jenis kerang dapat menularkan norovirus, wabah paling sering dikaitkan dengan tiram, karena tiram biasa dikonsumsi dalam keadaan mentah.

            Untuk mencegah terpapar penyakit norovirus saat mengonsumsi tiram dan kerang-kerangan, California Department of Public Health (CDPH) merekomendasikan untuk mengolah tiram dan kerang lainnya hingga mencapai suhu internal setidaknya 63 derajat Celcius.

 

Baca juga: MUNGKINKAH MENGONSUMSI LEBIH BANYAK SEAFOOD DAPAT MEMPERCEPAT PROGRAM HAMIL? 

Mengenal Infeksi Virus TORCH yang Sering Terjadi pada Bumil