MUNGKINKAH MENGONSUMSI LEBIH BANYAK SEAFOOD DAPAT MEMPERCEPAT PROGRAM HAMIL?
25 July 2018
Hidup Seimbangku
Share

MUNGKINKAH MENGONSUMSI LEBIH BANYAK SEAFOOD DAPAT MEMPERCEPAT PROGRAM HAMIL?

            Sebuah penelitian menemukan bahwa pasangan suami-istri yang menyertakan seafood dalam menu makanan mereka, dan lebih rutin melakukan hubungan, cenderung mendapatkan kehamilan lebih cepat, dibandingkan dengan pasangan yang lebih sedikit mengonsumsi seafood. Namun, penelitian ini hanya mencatat hubungan antara asupan seafood, aktivitas seksual dan kesuburan.

            Pasangan yang mengonsumsi seafood dua porsi atau lebih dalam seminggu, dengan masing-masing porsi sebanyak kurang lebih 150 gram, serta rutin melakukan hubungan suami-istri, memiliki kemungkinan yang sangat besar untuk mendapatkan kehamilan dalam waktu dekat. Apalagi jika dilakukan dalam masa subur.

            Dalam penelitian ini, sangat menekankan pentingnya pola makan yang tepat bagi pasangan suami-istri jika ingin mendapatkan kehamilan. Para peneliti menyarankan untuk kedua pasangan mengonsumsi seafood lebih banyak dari biasanya, serta memanfaatkan masa subur secara maksimal.

            Penelitian lain di Texas dan Michigan, melibatkan sekitar 500 pasangan yang mencoba untuk memiliki bayi dan tidak sedang dalam masa pengobatan, karena masalah infertilitas. Pada awal penelitian, para peneliti mewawancarai setiap pasangan secara terpisah, menanyakan seberapa sering mereka mengonsumsi seafood selama 12 bulan terakhir. Para peserta juga menyimpan catatan harian asupan makanan mereka selama masa penelitian.

            Setelah satu tahun, hasilnya 92 persen pasangan yang rutin mengonsumsi seafood dua porsi atau lebih selama seminggu berturut-turut berhasil untuk hamil dengan cepat, sedangkan 8 persen lainnya mengonsumsi seafood lebih sedikit mendapatkan kehamilan lebih lambat.

            Hal ini bisa disebabkan oleh kandungan asam lemak omega-3 yang ditemukan di beberapa ikan berlemak, seperti salmon dan sarden, yang menjadikan kualitas air mani seorang pria menjadi lebih baik, serta memaksimalkan proses ovulasi dan kualitas embrio pada wanita.

 

Baca juga: MENGONSUMSI FAST FOOD MEMBUAT LEBIH SULIT HAMIL 

6 BUAH YANG BAIK DIKONSUMSI SAAT HAMIL