MILIKI RAMBUT SEHAT DENGAN MENGONSUMSI MAKANAN BERIKUT INI
09 August 2018
Hidup Seimbangku
Share

MILIKI RAMBUT SEHAT DENGAN MENGONSUMSI MAKANAN BERIKUT INI

            Tidak hanya rambut panjang yang menjuntai, rambut sehat juga menjadi idaman setiap wanita. Tidak semua wanita dengan rambut panjang memiliki rambut yang sehat. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti stres, penyakit bawaan khusus, genetik, pengaruh diet dan reaksi dari penggunaan produk perawatan rambut yang tidak tepat.

            Bila ingin memiliki rambut sehat, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan berikut ini, yakni:

 

Ikan salmon

            Kandungan protein, asam lemak omega-3, zat besi, vitamin B12 dan vitamin D yang tinggi dalam salmon membuatnya menjadi salah satu makanan yang dapat menjaga, serta meningkatkan kesehatan rambut. Asam lemak esensial omega-3 dalam salmon dapat membantu menjaga kulit kepala tetap lentur dan terhidrasi. Kekurangan asam lemak omega-3 dapat menyebabkan rambut tampak kusam, bahkan menjadi penyebab rambut rontok. Sementara itu, tingginya protein, zat besi dan vitamin D dalam salmon dapat membantu meningkatkan kekuatan rambut dan mencegah kerusakan.

 

Telur

            Agar rambut yang tumbuh lebih lebat dan memiliki tekstur lembut, Anda perlu mengonsumsi banyak protein. Rambut terbuat dari keratin, yang merupakan sejenis protein. Telur adalah salah satu sumber protein terbaik. Kandungan protein dalam telur dianggap protein berkualitas tinggi dan sangat baik untuk pertumbuhan dan kekuatan rambut. Telur juga mengandung biotin dan vitamin B yang berperan untuk mencegah masalah kerontokan rambut dan meningkatkan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan.

 

Almond

            Almond mengandung seng yang berfungsi menjaga sirkulasi darah pada kulit kepala tetap lancar, serta dapat membuat rambut berkilau, sehat dan lembap. Almond juga mengandung asam lemak omega-3 yang berperan membuat rambut berkilau dan meningkatkan volume rambut. Kandungan vitamin E almond juga dapat membantu mencegah rambut menjadi pecah-pecah dan meningkatkan pertumbuhan rambut sehat.

 

Brokoli

            Brokoli kaya akan vitamin A dan C yang membantu memproduksi sebum. Sebum adalah zat berminyak yang disekresikan oleh akar rambut dan berfungsi seperti kondisioner rambut alami. Selain itu, brokoli juga kaya akan zat besi, kalium, kalsium, magnesium dan asam lemak omega-3 yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut sehat.

 

Kacang hijau

            Kacang hijau mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sangat penting untuk kesehatan rambut. Kacang hijau mengandung zat besi, seng dan potasium yang membuat rambut sehat dan kuat. Selain itu, kandungan vitamin B, seperti folat, B6 dan B12 pada kacang hijau diperlukan untuk membantu sel darah merah membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk ke kulit kepala. Dan juga, tingginya kandungan vitamin C pada kacang hijau sangat dibutuhkan folikel rambut untuk pertumbuhan yang optimal.

 

Mangga

            Kandungan vitamin dan mineral pada mangga dapat membantu menyuburkan, serta meningkatkan pertumbuhan rambut. Vitamin C pada mangga penting untuk memproduksi kolagen yang memberi struktur pada rambut, serta membantu penyerapan zat besi dalam darah. Kekurangan zat besi mengganggu siklus pertumbuhan rambut normal dan dapat menyebabkan kerontokan rambut. Mangga mengandung vitamin A yang dapat membantu melawan ketombe, serta kandungan vitamin E-nya membantu meningkatkan sirkulasi kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut.

 

Baca juga: Gunakan Daun Jambu Biji Untuk Rambut Kusutmu 

Hilangkan Masalah Rambut Dengan Garam