Metabolisme dengan Superfood
18 April 2019
Hidup Seimbangku
Share

Metabolisme dengan Superfood

              Sering dengar istilah superfood? Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan superfood dan apa saja yang masuk ke dalam kategori jajaran makanan super ini, dan apa kaitannya dengan metabolisme tubuh? Superfood sendiri merupakan kelompok makanan yang biasanya merupakan sumber makanan nabati. Namun tak hanya nabati, ikan dan produk susu juga masuk ke dalam kategori superfood, kelompok makanan ini memiliki perannya masing-masing untuk tubuh. Salah satunya adalah kelompok superfood yang berperan penting dalam membantu proses metabolisme tubuh kita. 

             Tubuh manusia mengalami metabolisme dimana tubuh mengubah makanan yang dimakan menjadi energi. Metabolisme nantinya akan keluar dalam bentuk keringat, air seni dan feses. Itu sebabnya setelah makan kamu disarankan bergerak agar proses metabolisme berjalan cepat karena makanan yang dimakan sudah diolah menjadi energi.

Ini dia deretan superfood yang mampu membantu metabolisme tubuhmu lebih lancar.

         Lemon

         Siapa yang tidak tahu lemon? si kuning yang segar ini dikenal sangat baik dalam membantu detoks bahkan infused water dengan lemon jadi pilihan banyak orang. Enzim dan vitamin C pada lemon dapat membantu membersihkan racun dari tubuh, mengubah senyawa dalam bentuk limbah melalui metabolisme.

         Teh hijau

          Teh hijau merupakan superfood terbaik karena memilki antioksidan dan polifenol sehingga dapat membantu meningkatkan aktivitas metabolisme tubuh. Bahkan banyak orang mengonsumsi the hijau untuk menurunkan berat badan.

          Cabai

           Selain kaya akan vitamin C, salah satu pembangkit selera makan ini ternyata juga masuk dalam jajaran superfood yang mampu membantu metabolisme tubuhmu. Cabai mengandung capsaicin yang baik dalam membantu mendorong metabolisme. Dengan mongonsumsi cabai, metabolisme tubuhmu bisa meningkat setelah 15-20 jam makan.

           Semangka dan Tomat

            Kalau semangka jadi buah yang kaya akan air ini masih ada dalam list superfood karena kaya akan antioksidan jenis likopen. Jadi…… tomat, buah atau sayuran, sih? menurut The Daily Mealsecara botani tomat termasuk dalam buah. Dalam urusan botani, buah mengacu pada struktur benih tanaman berbunga. 

Yup, tomat termasuk buah. Sama seperti semangka, selain kaya akan antioksidan, likopean, dan air tomat juga mengandung kalium. Hal ini yang membuat tomat wajib ada di dapurmu!

           Chia seeds

            Bagi kamu yang belum familiar dengan chia seed harus tau manfaat yang dikandung si kecil ini. Sekilas memang terlihat seperti biji selasih, cara mengolahnya pun sama direndam dengan air. Namun ternyata chia seed memiliki manfaat lebih untuk meningkatkan energi dan metabolisme, lho. Dengan satu porsi chia seed. Kamu sudah bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan bahkan membakar lemak perut. Selain itu, kamu bisa campurkan dengan air lemon hingga smoothie.

            Sudah kenal kan dengan deretan superfood ini? Yuk beralih ke makanan yang lebih sehat, tenyata mudah didapat kan? Setelah memeuhi nutrisi baik untuk tubuh seimbangkan dengan minum TOTAL8+ yang bersifat basa atau alkalin yang bisa bantu tetap jaga nutrisimu tetap stabil.

Tags