MANFAAT MANGGA DARI BUAH HINGGA KULIT
25 March 2019
Hidup Seimbangku
Share

MANFAAT MANGGA DARI BUAH HINGGA KULIT

Buah yang Manis dan Segar Ini Miliki Banyak Khasiat

           Salah satu buah yang menyegarkan ini ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan. Bukan hanya  buah namun hingga kulitnya. Siapa yang suka mangga? Pastinya segar banget meyantapnya langsung maupun dijus, tidak salah kalau kamu jadi penggemar mangga karena beberapa manfaat berikut :

            Apa saja sih, manfaat makan mangga?

  • Menjaga kesehatan mata

Dalam buah mangga, ditemmukan banyak lutein dan zeaxanthin yang merupakan antioksidan. Kedua antioksidan tersebut dapat membantu melindungi fungsi retina dari lensa mata. Hal ini berguna untuk mengurangi silau setelah melihat cahaya terang. Selain itu, llutein dan zeaxanthin juga bekerja melindungi mata dari sinar ultraviolet yang berbahaya, dan memperlambat perkembangan katarak serta bahaya degenerasi makula.

  • Meredakan sembelit

Selain obat maupun minum the pahit hingga daun jambu untuk meredakan sembelilt, ternyata mangga juga mampu meredakan sembelit, lho. Menurut sebuah studi, saat meneliti orang yang mengalami sembelit kronis makan mangga ternyata lebih membantu pemulihan dibanding makanan berserat seperti gandum.

  • Mencegah kanker

Tim peneliti dari Texas AgriLife Research menemukan bahwa ekstrak polifenol yang terdapat pada mangga dapat mencegah perkembangan sel kanker pada usus besar, payudara, paru-paru, leukemia, dan jaringan prostat

           Mangga juga terbukti paling efektif mencegah risiko kanker payudara dan usus besar. Karena mangga mengandung juga antioksidan pencegah kanker yang terdapat sampai kulitnya. Sebuah penelitian dari Malaysia bahkan  menunjukkan bahwa kulit mangga mengandung zat polifenol, karotenoid, serat makanan, vitamin C, vitamin E dan berbagai senyawa aktif lainnya yang berpotensi sebagai terapi antikanker yang lebih kuat daripada daging buahnya sendiri.

          Sementara itu, ditemukan fakta bahwa ekstrak kulit mangga memiliki sifat antioksidan dan antikanker yang lebih kuat daripada ekstrak daging mangga. Kulit buah mangga juga kaya akan triterpen dan triterpenoid, yaitu senyawa yang bermanfaat sebagai antikanker dan antidiabetes. Kulit mangga juga kaya akan serat, bahkan lebih besar dari yang terkandung dalam daging buahnya. Serat merupakan salah satu nutrisi penting yang baik untuk kesehatan pencernaan dan mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

           Ternyata banyak sekali ya manfaat dari mangga, bukan hanya buahnya namun juga kulitnya. Selain makan buah agar nutrisi dalam tubuh tetap seimbang, jangan lupa tetap konsumsi TOTAL 8+ agar Ph dalam tubuhmu tetap seimbang.

 

Tags