MAKANAN PENINGKAT KUANTITAS DAN KUALITAS ASI
18 July 2018
Hidup Seimbangku
Share

MAKANAN PENINGKAT KUANTITAS DAN KUALITAS ASI

            Kegiatan yang akan seorang wanita lakukan setelah melahirkan, yakni menyusui. Masa menyusui paling baik dilakukan hingga sang anak berusia 2 tahun. ASI atau Air Susu Ibu yang baik memiliki keseimbangan antara lemak, gula, air dan protein.

            Bagi Anda, wanita yang sedang menyusui berikut ini terdapat beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk membantu meningkatkan jumlah ASI, yakni:

 

Oatmeal

            Selain dapat meningkatkan kuantitas, oatmeal juga dapat meningkatkan kualitas ASI, karena dapat membantu merangsang produksi oksitosin, hormon yang membantu proses melahirkan, serta berkaitan antara bayi dan produksi ASI.

            Oatmeal juga dapat membantu mencegah anemia defisiensi besi, yang umum terjadi pada ibu baru. Selain itu, oatmeal juga dapat menenangkan bagi wanita yang mengalami stres dan depresi setelah melahirkan.

 

Almond

            Almond mengandung protein, serat, vitamin, mineral dan antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan ibu, serta bayi yang baru lahir. Konsumsi 5-6 almond tiap harinya untuk meningkatkan produksi ASI.

 

Minyak kelapa murni

            Mengandung asam lemak esensial, seperti asam lemak omega-3 yang membantu produksi hormon yang bertanggung jawab dalam memproduksi ASI. Agar lebih banyak dan lebih bergizi bagi bayi.

            Minyak kelapa murni juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan memberi ibu baru energi yang sangat dibutuhkan untuk merawat bayi. Konsumsi 1-3 sdm minyak kelapa murni setiap hari, atau Anda bisa mencampurnya dengan saus salad.

 

Ikan salmon

            Ikan salmon kaya akan protein dan DHA yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan sistem saraf bayi. Selain itu, menurut sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, konsumsi salmon selama kehamilan dapat meningkatkan kualitas ASI secara signifikan selama masa laktasi.

            Mengonsumsi 2 porsi salmon per minggu selama kehamilan juga dapat meningkatkan asam lemak penting untuk bayi yang baru lahir.

 

Baca juga: Manfaat Minum Susu dan Madu Bagi Kesehatan Tubuh 

Selain Susu, 7 Makanan Ini Bisa Bikin Kamu Tambah Tinggi Lho!