MAKANAN APA, SIH, YANG SEBAIKNYA DIKONSUMSI SETIAP HARI?
27 September 2019
Hidup Seimbangku
Share

MAKANAN APA, SIH, YANG SEBAIKNYA DIKONSUMSI SETIAP HARI?

            Pernah enggak, sih, kamu bingung makanan seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari? Makanan berlemakkah? Makanan berseratkah? Atau, justru ada makanan lainnya?

            Tiap makanan memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah serat, yang sangat bermanfaat menjaga kesehatan sistem pencernaan, membuat perutmu tetap rata dan meningkatkan metabolisme tubuh.

            Amy Gorin, MS, RDN, pemilik Nutrisi Amy Gorin di New York City menyarankan bagi siapapun yang ini makan lebih sehat, buatlah banyak perubahan kecil dari waktu ke waktu. Misalnya, dengan mulai memilih sayuran ketimbang pizza. Atau, pilih roti gandum utuh untuk sandwich-mu.

            Pola makan dan menu makanan yang kamu pilih, tidak bisa langsung berubah dalam satu waktu. Perlu proses dan pilihan yang tepat. Nah, untuk itu makanan yang sebaiknya kamu konsumsi setiap hari, seperti:

 

Protein

Untuk membangun, memperbaiki dan memelihara otot, organ, rambut, kulit dan kuku, kamu perlu asupan protein yang tepat. Gorin merekomendasikan untuk konsumsi sebanyak 20 hingga 30 gram protein pada setiap jam makan, termasuk makanan ringan.

 

Vitamin E

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber vitamin E, yang sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, melawan radikal bebas, memperbaiki serta menjaga kesehatan kulit. Salah satu kacang-kacangan yang bisa kamu konsumsi adalah kacang polong. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang tua yang banyak mengonsumsi kacang polong memiliki kerutan dan kerusakan kulit akibat sinar matahari yang lebih sedikit.

 

Kalsium

Perpaduan asupan vitamin D dan kalsium dapat membantu mengurangi lemak perut. Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi 100 IU vitamin D dan 350 miligram kalsium setiap hari mengalami penurunan lemak perut lebih besar. Selain itu, kalsium bermanfaat bagi kesehatan tulang.

 

Probiotik

Makanan fermentasi, seperti yogurt dan kefir mengandung probiotik yang sangat bagus untuk kesehatan usus. Kamu bisa mengonsumsi langsung, atau sebagai bahan campuran seperti smoothies.

 

Air

Terdengar sangat sederhana, namun sangat penting dan sangat kamu perlukan agar tubuhmu tetap terhindrasi. TOTAL 8+ bisa banget kamu pilih untuk menjaga tubuhmu tetap terhidrasi, dan mencegahmu terkena dehidrasi kronis.

Tags