Kontrol Kolesterol Dengan Baik
15 February 2019
Hidup Seimbangku
Share

Kontrol Kolesterol Dengan Baik

BUAH YANG HARUS DIKONSUMSI SUPAYA KOLESTEROLMU TERKONTROL DENGAN BAIK

 

            Kolesterol dalam tubuh sebenarnya memiliki fungsi yang baik, jika dalam batas normal. Namun, jika kadar kolesterol sudah tinggi, maka dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh, terutama kesehatan jantung.

Kolesterol ditemukan di setiap sel tubuh, dan memiliki fungsi alami yang penting dalam merangsang berbagai aktivitas dalam tubuh, termasuk pencernaan makanan, produksi hormon dan lainnya. Ada dua jenis kolesterol, HDL (High-density lipoproteins) dan LDL (Low-density lipoprotein).

HDL (High-density lipoproteins) diklasifikasikan sebagai kolesterol baik dan sangat penting untuk kelancaran fungsi tubuh, karena mengangkut semua limbah dan racun kembali ke hati. Sedangkan, LDL (Low-density lipoprotein), yang juga dikenal sebagai kolesterol jahat, adalah salah satu dari lima kelompok utama lipoprotein, yang mengangkut semua molekul lemak ke seluruh tubuh. Kolesterol jahat membentuk lapisan plak di dinding arteri, yang menyulitkan aliran darah. Lama-kelamaan lemak jahat ini dapat berdampak pada tekanan darah menjadi lebih tinggi, dan dalam kasus yang lebih buruk dapat memicu terjadinya stroke.

Kadar kolesterol sangat tergantung terhadap asupan makanan kamu sehari-hari. Jika kamu lebih banyak makan makanan yang mengandung lemak trans atau lemak tidak jenuh, seperti kentang goreng, burger dan pizza, ada kemungkinan besar kadar kolesterol kamu meningkat. Sedangkan, jika kamu lebih banyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran dan biji-bijian yang kaya serat, maka akan membantu menjaga kadar kolesterol LDL dalam tubuhmu.

            Supaya kamu tidak bingung, berikut ini ada beberapa buah yang bisa kamu konsumsi, untuk menjaga kadar kolesterol tubuhmu:

 

1. Alpukat. Sangat dianjurkan untuk pasien tekanan darah, karena kaya akan antioksidan, seperti vitamin K, C, B5, B6, E dan lemak tak jenuh tunggal. Nutrisi tersebut dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terkena stroke. Selain itu, alpukat juga bisa mengatur kadar kolesterol LDL dan HDL, serta trigliserida darah.

2. Tomat. Kandungan vitamin, seperti vitamin A, B, K dan C dalam tomat dapat menjaga kesehatan mata, kulit dan jantungmu. Selain itu, kandungan potasium dalam tomat juga dapat membantu menurunkan kolesterol, tekanan darah dan risiko terkena stroke.

 3. Apel. Serat pektin dalam apel mengandung antioksidan polifenol yang dapat mengurangi kadar kolesterol LDL dan memperlambat oksidasi dalam tubuh,, yang juga merupakan faktor risiko terkena aterosklerosis, suatu kondisi yang ditandai dengan arteri yang mengeras. Selain itu, kandungan polifenol dalam apel juga mencegah radikal bebas yang dapat merusak otot jantung dan pembuluh darah.

4. Kelompok jeruk, seperti lemon, jeruk limau dan jeruk bali juga dapat mengontrol kadar kolesterol, karena mengandung hesperidin yang dapat mengurangi gejala hipertensi, serta pectin dan senyawa limonoid yang dapat memperlambat aterosklerosis (pengerasan arteri) dan mengurangi kolesterol jahat atau LDL dalam darah. Flavonoid dalam jeruk juga dapat menurunkan risiko terkena stroke pada wanita.