Konsumsi Tauge Mentah Berisiko Terkontaminasi Bakteri
01 March 2018
Hidup Seimbangku
Share

Konsumsi Tauge Mentah Berisiko Terkontaminasi Bakteri

            Tauge yang paling banyak dijual dipasaran adalah tauge yang dibuat dari kacang hijau. Namun, walaupun berasal dari kacang hijau, kandungan vitamin dan mineral tauge terbilang lebih besar dibanding kacang hijau. Kandungan fenolik yang cukup tinggi pada tauge membuatnya bisa menjadi pilihan yang tepat menjadi salah satu sumber antioksidan bagi tubuh.

Cukup banyak makanan yang dibuat menggunakan taoge sebagai bahan tambahannya. Sebut saja tumis tauge. Sebelum dikonsumsi, biasanya tauge diolah terlebih dahulu, baik dengan cara direbus maupun ditumis. Tapi, bagaimana jika kita langsung mengonsumsi tauge tanpa proses pemasakan terlebih dahulu?

            Tauge yang dikonsumsi dalam keadaan mentah dapat meningkatkan risiko terkena infeksi bakteri. Tauge dibuat dari kacang-kacangan mentah yang dapat saja terkontaminasi bakteri, termasuk bakteri Salmonella dan E. coli.

            Suasana yang hangat dan lembab sangat dibutuhkan dalam proses pertumbuhan tauge menjadi lebih mudah. Sedangkan, suasana tersebut menjadi suasana yang dapat juga mendukung pertumbuhan bakteri.

            Seseorang yang terinfeksi Salmonella dapat dilihat dari gejala-gejala, seperti kram perut, mual, sakit kepala dan muntah. Sedangkan, untuk E. coli menimbulkan gejala-gejala serupa, namun bisa saja lebih fatal hingga dapat menyebabkan kerusakan ginjal permanen.

            Anak-anak, orang tua dan beberapa orang dengan sistem kekebalan tubuh yang tidak baik, memiliki risiko terinfeksi bakteri Salmonella dan E. coli yang lebih besar. Jadi, untuk menghindari terinfeksi risiko tersebut sebaiknya simpan tauge pada suhu -4 derajat Celcius, masak tauge hingga benar-benar matang, serta segera buang tauge yang sudah mulai layu dan sudah tidak renyah lagi.

            Selain itu, sebelum diolah, pastikan tauge sudah dicuci menggunakan air bersih yang mengalir. Selain agar kotoran yang menempel menjadi bersih, ini juga setidaknya dapat mengurangi risiko terkontaminasi bakteri.

 

Baca juga: Rajin Olahraga Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tags