KONSUMSI INI AGAR INGATAN KAMU BAGUS DAN TIDAK SEGERA PIKUN
15 November 2018
Hidup Seimbangku
Share

KONSUMSI INI AGAR INGATAN KAMU BAGUS DAN TIDAK SEGERA PIKUN

            Sejak lama, almond dikenal dapat meningkatkan kemampuan daya ingat, karena mengandung beberapa nutrisi yang membantu menjaga kekuatan otak.

            Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Aging, peneliti mengeksplorasi hubungan antara almond dan fungsi kognitif. Selain vitamin E, folat dan serat, almond mengandung fitokimia, yang bertindak sebagai antioksidan bagi otak yang berfungsi melawan peradangan, dan asam lemak tak jenuh ganda omega-3, yang menunda menurunnya kemampuan otak terkait dengan faktor usia.

            Menurut Health Practitioner dan Certified Macrobiotic Health Coach Shilpa Arora, almond meningkatkan kadar acetylcholine, neurotransmitter di otak yang membantu meningkatkan daya ingat dan membantu melawan kondisi seperti penyakit Alzheimer.

             Dengan mengonsumsi delapan sampai sepuluh butir almond yang sudah direndam semalaman setiap harinya, maka tidak hanya daya ingat kamu saja yang meningkat, tapi juga meningkatnya fungsi otak secara keseluruhan. Perendaman yang dilakukan pada almond, bertujuan agar seluruh nutrisi yang terdapat di dalamnya lebih mudah diserap oleh tubuh.

              Untuk lebih detailnya, berikut rincian mengenai sumber nutrisi yang terdapat di dalam almond, terkait atas fungsinya meningkatkan kemampuan daya ingat:

 

Vitamin B6

yang juga dikenal sebagai pyridoxine, membantu metabolisme protein dan meningkatkan ketersediaan protein untuk perbaikan sel otak. Selain itu, vitamin ini juga mempromosikan produksi bahan kimia neurotransmitter, yang berfungsi meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak.

 

Baca juga: Dampak Positif Mengonsumsi Pisang Setiap Hari

 

Seng

Mineral ini, diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang dapat mencegah infeksi bakteri dan virus, yang dapat merusak sel-sel otak.

 

Baca juga: Jangan Terlalu Banyak Mengonsumsi Daging Merah

 

Protein

Protein membantu memperbaiki sel-sel otak, sehingga berpengaruh pula terhadap peningkatan fungsi kognitif, termasuk memori.

 

Baca juga: Perbaiki Kualitas Tidur dan Berat Badan dengan Asupan Protein

 

Vitamin E

Bertanggung jawab untuk memperlambat penuaan sel-sel otak, yang dapat mempengaruhi memori.

 

Baca juga: MINYAK KUNYIT. OBAT TRADISIONAL YANG BANYAK MAFAATNYA