Kelompok Tinggi Protein
10 July 2018
Hidup Seimbangku
Share

Kelompok Tinggi Protein

            Protein menjadi salah satu asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan massa dan kekuatan otot. Bagi wanita, asupan harian protein yang dianjurkan, yakni sebanyak 46 gram.

            Untuk mendapatkan asupan protein harian yang sesuai, berikut ini terdapat beberapa kelompok tinggi protein yang bisa menjadi pilihan Anda:

 

Telur

            Antioksidan dalam telur dapat membantu melindungi mata dan menjadi nutrisi untuk otak. Telur utuh mengandung tinggi protein yakni sebanyak 6 gram, sedangkan putih telur mengandung sejumlah protein murni.

 

Dada Ayam

            Dikonsumsi tanpa kulit, dada ayam mengandung 53 gram protein dan 284 kalori.

 

Oat

            Setengah cangkir oat mengandung 13 gram protein dan 303 kalori. Selain itu, oat juga mengandung serat sehat, magnesium, mangan, thiamin (vitamin B1) dan beberapa nutrisi lainnya.

 

Greek Yogurt

            Yogurt dengan tekstur yang sangat tebal, lembut, lezat dan kaya nutrisi ini mengandung 17 gram protein per 170 gram. Yogurt ini juga tidak mengandung lemak.

 

Brokoli

            Brokoli mengandung berbagai nutrisi bioaktif yang diyakini dapat membantu melindungi tubuh terhadap kanker. Kandungan protein dalam brokoli, yakni sebanyak 3 gram tiap 96 gram brokoli.

 

Tuna

            Ikan yang mengandung sejumlah asam lemak omega-3 ini juga mengandung protein yang cukup tinggi, yakni sebanyak 39 gram per 154 gram.

 

Quinoa

            Quinoa merupakan salah satu biji-bijian yang masuk ke dalam golongan superfood. Biji-bijian ini mengandung vitamin, mineral, serat dan antioksidan. Sedangkan, kandungan protein di dalamnya yakni sebesar 8 gram per satu cangkir.

 

Biji Labu

             Biji yang terdapat di dalam buah labu ini bisa juga Anda konsumsi, serta mengandung sejumlah nutrisi baik bagi tubuh. Biji labu mengandung sangat tinggi zat besi, magnesium dan seng. Sedangkan, kandungan protein dalam biji labu yakni sebesar 5 gram per 28 gram.

 

Udang

              Makanan laut yang tinggi akan selenium, vitamin B12 dan asam lemak omega-3 ini juga banyak mengandung protein, yakni sebesar 18 gram per 85 gram.

 

Kacang-kacangan

            Mengandung tinggi protein, serat dan magnesium. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kacang-kacangan dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan protein dalam kacang-kacangan, yakni sebesar 7 gram per 28 gram.

 

Baca juga: Perbaiki Kualitas Tidur dan Berat Badan dengan Asupan Protein 

Terlalu Banyak Asupan Protein Bagi Tubuh