Kafein Penyebab Nyeri di Dada?
05 July 2018
Hidup Seimbangku
Share

Kafein Penyebab Nyeri di Dada?

            Kebanyakan orang memilih untuk menyeruput kopi saat mulai merasa mengantuk, sedangkan masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan. Efek stimulan kafein pada kopi dalam jumlah kecil akan memberikan beberapa efek, seperti meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak akan menimbulkan efek samping lain yang tidak diinginkan. Terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa membuat Anda gelisah, cemas atau bahkan sakit kepala.

            Perlu diketahui, kafein tidak hanya Anda dapatkan dari kopi. Ada beberapa minuman lain yang mengandung kafein, seperti minuman ringan, minuman energi, teh, cokelat dan beberapa obat penghilang sakit.

            Kafein bisa bertindak sebagai vasokonstriktor, zat yang dapat mempersempit pembuluh darah, sehingga dapat dikaitkan dengan timbulnya nyeri di bagian dada, tekanan darah bahkan hingga penyakit jantung. Beberapa saat setelah mengonsumsi kafein, penyempitan aliran darah ringan dan sementara dapat terjadi, hingga menyebabkan peningkatan tekanan darah atau peningkatan detak jantung jangka pendek.

            Efek kafein pada tubuh biasanya lebih rentan dirasakan oleh orang yang tidak teratur mengonsumsi minuman berkafein. Sebuah tinjauan pada tahun 2013 dalam Journal of American College of Cardiology menyimpulkan bahwa rutin mengonsumsi minuman berkafein namun tidak berlebihan tidak terkait dengan penyakit jantung atau risiko stroke, bahkan bisa dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan yang positif, termasuk penurunan risiko kematian.

            Berlebihan mengonsumsi kafein, apalagi dilakukan oleh orang yang sensitif terhadap kafein memiliki beberapa efek samping, seperti meningkatnya detak jantung, kecemasan, insomnia, tubuh bergetar, bahkan hingga nyeri pada bagian dadar.

            Orang-orang dengan refluks asam atau gejala sakit maag, biasanya akan menimbulkan masalah jika mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan cokelat, salah satunya adalah merasakan nyeri pada bagian dada.

 

Baca juga: Atasi Nyeri Haid Dengan Cara Ini ! 

Solusi untuk Sakit dan Nyeri Saat Menstruasi