JANGAN LANGSUNG BUANG, INI CARA CERDAS MENDAUR ULANG KULIT BUAH DAN SAYUR
27 May 2019
Hidup Seimbangku
Share

JANGAN LANGSUNG BUANG, INI CARA CERDAS MENDAUR ULANG KULIT BUAH DAN SAYUR

            Kami bangga dengan kamu yang sudah mulai sadar untuk hidup sehat, dimulai dari rutin mengonsumsi buah dan sayur. Ups, tapi tunggu dulu, kulit buah dan sayur yang dagingnya kamu makan, masih didaur ulang, lho.

            Berikut ini kami berikan beberapa cara cerdas mendaur ulang kulit buah dan sayur untuk kamu:

 

1. Jangan langsung buang kulit pisang, lemon dan jeruk, ya, karena bisa kamu gunakan untuk memutihkan gigimu. Gosokkan kulit pisang, lemon atau jeruk pada gigi selama beberapa menit, maka kandungan asam sitrat di dalamnya akan membantu mengurangi noda kuning pada gigi.

2. Tahan biaya pengeluaran untuk membeli kaldu sayur, dengan membuatnya sendiri dari limbah kulit sayur di rumah. Cuci bersih kulit kentang, bawang bombai, daun bawang, bawang putih, lobak dan wortel. Kemudian rebus dengan sedikit garam dan minyak, selama beberapa saat. Saring dan simpan.

3. Potpourri DIY. Potpourri atau bunga rampai merupakan campuran dari bahan tanaman kering, berguna memberikan aroma alami pada ruangan. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dari limbah kulit buah dan sayur aromatik. Beberapa kulit buah yang bisa kamu gunakan, yaitu kulit jeruk, kulit delima dan kulit apel. Keringkan kulit buah tersebut, lalu campurkan dengan beragam bumbu dapur, seperti batang kayu manis, pala dan cengkeh. Simpan campuran ini dalam wadah kedap udara selama 3-4 hari, dan Potpourri DIY-mu sudah siap digunakan.

4. Keripik kentang lezat juga bisa kamu olah dari kulit kentang, lho. Cuci bersih kulit kentang, campur dengan air perasan lemon dan minyak zaitun. Panggang sekitar 10 menit dengan suhu 205 derajat Celcius, hingga cokelat keemasan.

5. Kulit dari keluarga sitrus, seperti lemon, grapefruit dan jeruk nipis mengandung asam tinggi, yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah kilau pada asesorismu dengan bahan tembaga, logam dan kuningan.

6. Kulit apel, peach, lemon dan jambu biji bisa kamu daur ulang untuk membuat jelly yang lezat.

7. Daur ulang kulit buah dan sayur menjadi pupuk kompos.

8. Kumpulkan kulit buah dan sayur dengan warna yang sama. Kemudian rendam dalam air panas selama semalaman. Didihkan kembali saat pagi hari, saring. Pewarna alami buatanmu sendiri sudah jadi, dan siap digunakan.

9. Cegah pengerasan pada gula merah, dengan meletakkan beberapa buah kulit jeruk atau lemon dalam wadah yang sama.

10. Kandungan antioksidan dan nutrisi lain dalam kulit buah, seperti lemon, apel, pepaya, delima dan pisang bisa kamu manfaatkan, untuk memutihkan, melembapkan, membersihkan dan mengangkat sel kulit mati pada kulitmu.

Tags