Jangan Benci Brokoli
12 March 2019
Hidup Seimbangku
Share

Jangan Benci Brokoli

                                        Ada Segudang Manfaat Makan Brokoli, Yuk Simak!
 
                          Menghindari makan brokoli dalam hidangan sayur? Jangan salah, salah satu anggota sayuran hijau yang satu ini punya banyak manfaat, apalagi untuk wanita. Seperti sayur lainnya, brokoli pastinya membantu memperlancar pencernaan karena mengandung serat, namun tidak hanya itu. Brokoli memilki beberapa manfaat seperti di bawah ini :

 

1. Brokoli memiliki sifat anti kanker. Tak sedikit penelitian yang merekomendasikan brokoli karena mengandung phytochemical yang bersifat anti kanker. Menurut studi, brokoli dapat megurangi resiko kanker seperti kanker payudara dan paru-paru pada wanita.

 

2. Brokoli memiliki sifat anti penuaan, dan bertindak sebagai detoxifier. Karena mengandung vitamin C, asam amino sulfur yang membantu mengusir radikal bebas dan racun di tubuh seperti asam urat.

 

3. Brokoli bisa melindungi dari radiasi UV. Menurut peneliti, senyawa sulforaphane yang terdapat dalam brokoli dapat mengurangi kerusakan kulit dan peradangan yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

 

4. Bagi ibu hamil, brokoli dapat menjaga kehamilan tetap sehat. Karena brokoli merupakan sumber float yang dibutuhkan semua wanita hamil yang dapat membantu mencegah cacat saraf misalnya spina bifida pada janin. 

 

5. Brokoli dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Karena kaya akan serat, maka brokoli dapat mengurangi kadar kolesterol, kromium, dan potasium. Selain itu, brokoli juga dapat mengontrol tekanan darah. 

 

                       Selain kelima hal di atas, brokoli juga sangat membantu kamu yang sedang diet, karena kalorinya yang sangat rendah. Sebanyak 146 gram brokoli bahkan hanya mengandung kurang dari 50 kalori. Jadi mulai sekarang jangan lagi singkirkan brokoli dari piringmu, ya!