Ini dia! Cara Membuat Kue Lebaran Menjadi Lebih Rendah Kalori Dan Nggak Bikin Gemuk
02 July 2016
Hidup Seimbangku
Share

Ini dia! Cara Membuat Kue Lebaran Menjadi Lebih Rendah Kalori Dan Nggak Bikin Gemuk

Menikmati suasana lebaran tentunya kurang lengkap tanpa berbagai macam kue kering. Aneka kue kering seperti nastar, kastangel, lidah kucing, putri salju dan sagu keju, tentunya bikin mulut kamu nggak bisa berhenti untuk mengunyah. Betul kan, Ladies?  Hal ini tentu saja menyebabkan kalori dan lemak pada tubuhmu dapat meningkat dengan pesat.

Dilansir dari allowmenstalk.com, ternyata membuat kue kering atau kue lebaran ada triknya lho! Dengan begitu kue lebaran nggak akan lagi tinggi kalori, pastinya juga nggak akan bikin gemuk. Kamu jadi bisa menikmati kue-kue super lezaat ini sesuka hati. Nah berikut ini adalah cara membuat kue lebaran jadi lebih rendah kalori:

Gunakan tepung gandum utuh

Membuat Kue kering dengan menggunakan tepung gandum tentu saja lebih baik daripada menggunakan tepung terigu biasa. Hal ini karena kandungan serat pada tepung gandum itu lebih tinggi daripada tepung terigu biasa, sehingga kadar gula dalam tubuh nggak akan naik secara drastis setelah memakannya karena membutuhkan proses pencernaan yang lebih lama.

Akan tetapi, membuat kue lebaran nggak akan bisa menggunakan tepung gandum seutuhnya, oleh karena itu sebaiknya kamu bisa menggantikan setengah tepung terigu biasa menjadi tepung gandum.

Gantikan gula dengan madu

Mengurangi kadar gula dalam resep memang dapat berpengaruh kepada rasa yang dihasilkan, jadi sebaiknya tidak perlu mengurangi kadar gula, cukup cari pengganti bahan pemanis lain yang lebih alami. Misalnya adalah, madu.

Selain memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh, Madu juga dipercaya dapat penurun berat badan secara alami. Oleh karena itu, menggabungkan kue kering dengan pemanis sehat seperti ini nggak ada salahnya untuk dicoba, rasa dari kuenya pun tetap enak!

Baca juga : Asal Rajin Makan dan Minum Ini, Jerawat dan Kulit Kusam Nggak Bakal Balik Lagi!

Tambahkan buah dan kacang-kacangan sehat

Menggunakan buah dan kacang-kacangan pastinya dapat membuat kue lebaranmu menjadi lebih enak dan bernutrisi. Dengan menambahkan buah-buahan dan kacang-kacangan, kadar serat dalam kue kering akan meningkat hingga bisa membuatmu lebih cepat merasa kenyang. Dengan begitu kamu akan cepat berhenti mengonsumsinya. Pada beberapa resep, penambahan ini nggak akan mengubah rasa dari kue kering.

Gunakan oatmeal

Dalam beberapa resep, ada kue kering yang mengggunakan Oatmeal sebagai bahan utamanya. Selain itu, Bahan ini juga dapat digunakan sebagai pengganti tepung. Oatmeal juga dipercaya sebagai makanan sehat yang mampu membersihkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Lezatnya beragam kue lebaran yang selalu hadir menemani suasana idul fitri tentunya membuat hari raya semakin menyenangkan. Ladies, yuk sajikan kue lebaran yang sehat untuk seluruh anggota keluarga!

Selamat hari Raya Idul Fitri, Minal Aidin Wal’faizin. Mohon maaf lahir batin.

Tags food lebaran