Huh, Hah Ini Efek Terlalu Banyak Makan Pedas
27 February 2019
Hidup Seimbangku
Share

Huh, Hah Ini Efek Terlalu Banyak Makan Pedas

 

Banyak Makan Pedas Timbulkan Efek Tak Baik

          Untuk sebagian orang, makanan pedas merupakan penambah napsu makan. Namun, ternyata ada beberapa efek yang akan timbul jika terlalu sering atau banyak mengonsumsi makanan pedas.

          Makanan pedas pada umumnya menggunakan cabai dan lada, kedua rempah pamungkas tersebut mengandung capscaicin atau zat yang dapat menyebabkan sensasi terbakar ketika menyentuh organ tubuh seperti kulit, mulut bahkan mata.

          Kamu pernah ingusan saat makan pedas seperti wasabi? Hal itu terjadi karena wasabi yang berasal dari capsaicin dan allyl isothiocyanate, mengiritasi selaput lendir ketika masuk ke mulut sehingga kamu bisa sampai ingusan. Awalnya lendir diproduksi sesuai kebutuhan untuk melindungi saluran pernapasan dari agen infeksi, seperti jamur, bakteri, dan virus. Namun, adanya iritasi dari capsaicin dan allyl isothiocynate merangsang produksi lendir jadi lebih banyak. Kelebihan lendir inilah yang membuat hidung meler saat makan makanan pedas.

          Namun selain itu, tahukah kamu jika terlalu banyak makanan pedas akan berdampak pada kerusakan kantong empedu? Mengonsumsi segala sesuatu memang harus selalu mengingat batas wajar, khususnya makanan pedas. Jangan karena kamu suka maka kamu menyantapnya setiap hari, tak hanya makanan berat juga berlaku untuk cemilan. Menurut seorang asisten dosen bedah di The Ohio State University Wexner Medical Cente Dr. Sabrena Noria, mengonsumsi camilan pedas sebenarnya tidak membahayakan kantong empedu secara langsung karena makanan hanya akan dicerna di lambung dan langsung diserap oleh usus sebelum melewati kantong empedu.

          Nah, yang menjadi masalah adalah kandungan lemak tinggi pada camilan pedas yang jadi faktor pemicu peradangan kantong empedu.  Lalu ketika camilan tinggi lemak mulai dicerna oleh lambung, kantong empedu akan menghasilkan kolesistokinin untuk membantu mencerna lemak dari makanan.

Tags