Hindari Risiko Keracunan Akibat Kontaminasi Silang
20 February 2018
Hidup Seimbangku
Share

Hindari Risiko Keracunan Akibat Kontaminasi Silang

            Kontaminasi silang terjadi karena kandungan cairan pada produk hewani yang mengandung bakteri berpindah ke produk nabati, atau bahkan ke produk yang sudah siap saji. Mengonsumsi makanan yang sudah terkena kontaminasi silang bisa saja berisiko mengalami keracunan. Sehingga, penting sekali menjaga makanan, baik dalam keadaan mentah maupun sudah matang, supaya terhindar dari kontaminasi silang.

            Proses kontaminasi silang bisa terjadi mulai dari saat kita berbelanja bahan makanan di pasar, proses penyimpanan hingga proses pengolahan bahan makanan.

            Baik di pasar tradisional maupun pasar modern sebenarnya sudah memisahkan area penjualan produk hewani dan nabati. Proses kontaminasi silang bisa terjadi saat Anda membeli produk hewani dan nabati, lalu menyatukannya di dalam keranjang belanjaan tanpa memastikan cairan produk hewani benar-benar tidak menetes pada produk nabati.

             Penyimpanan tiap produk bahan makanan juga tidak bisa sembarangan. Untuk daging mentah, unggas dan seafood simpan di bagian rak paling bawah. Ini bertujuan agar kandungan air yang terdapat di dalam produk hewani tersebut tidak menetes ke bahan makanan lain, sehingga menyebabkan kontaminasi silang.

             Telur bisa ditempatkan di tempat yang sudah disediakan. Sedangkan produk-produk nabati bisa Anda simpan di bagian rak lainnya di dalam kulkas.

             Untuk menghindari kontaminasi silang saat proses pengolahan, sebaiknya Anda selalu mencuci tangan menggunakan sabun sesudah dan sebelum menyentuh produk hewani. Alat masak seperti talenan dan pisau juga sebaiknya penggunaannya dibedakan untuk produk hewani dan nabati. Jika ingin menggunakan pisau dan talenan yang sama setelah digunakan untuk memotong daging, sebaiknya sudah dicuci bersih terlebih dahulu menggunakan sabun dan dikeringkan sebelum digunakan untuk mengolah produk nabati.

 

Baca juga: JANGAN ABAIKAN KEBERSIHAN HANDUK!

Menurut Survei, Tas Adalah Gudang Kuman!

Tags