Hindari Makanan Ini Saat Berbuka Puasa
09 June 2015
Hidup Seimbangku
Share

Hindari Makanan Ini Saat Berbuka Puasa

Saat puasa, Anda perlu menjaga pola makan lebih baik dari biasanya, karena kebanyakan orang tak bisa menahan hawa nafsu saat berbuka puasa dan cenderung ‘balas dendam’ sehingga tak memperhatikan asupan gizinya. Makan sahur dan buka puasa penting untuk memperhatikan gizi dan porsinya, sebab tak hanya kenyang, Anda juga perlu menjaga badan agar tak mudah sakit di bulan puasa.

Hindarilah makanan cepat saji sebagai menu berbuka puasa. Biasanya, Anda sudah punya rencana untuk berbuka puasa bersama teman-teman Anda di luar dan kerap memilih restoran cepat saji sebagai tujuannya. Padahal, gizi yang diperlukan tubuh tak terpenuhi dengan makanan cepat saji. Pilih restoran yang menyajikan makanan rumahan dan sesuai dengan gizi yang dibutuhkan tubuh setelah seharian berpuasa. Atau lebih baik, undang teman-teman Anda ke rumah dan masak makanan sehat dan lezat buatan Anda sendiri. Seru, bukan?

Cara yang tepat untuk berbuka puasa adalah dengan meminum air putih dan memakan beberapa buah kurma. Jangan langsung memakan makanan yang berat apalagi memilih minuman manis sebagai menu berbuka puasa. Setelah berbuka dengan air putih dan buah kurma, Anda bisa menunggu 15-30 menit dahulu sebelum melanjutkan untuk makan malam. Gunakan waktu ini untuk shalat Maghrib dulu dan kemudian baru Anda bisa makan malam dengan porsi yang lebih berat dari sebelumnya. Anda juga bisa menyiapkan buah-buahan sebagai menu buka puasa, tapi Anda perlu perhatikan bahwa tak semua buah bisa dimakan saat berbuka puasa. Hindari buah yang mengandung asam agar lambung tak terganggu kesehatannya.

Selama berpuasa, Anda yang gemar makan pedas harus bersabar untuk menahan dan mengontrol diri untuk menghindari makanan terlalu pedas. Ingat, lambung Anda dalam keadaan kosong selama empat belas jam, sehingga Anda perlu berhati-hati untuk memilih makanan yang tidak mengganggu kinerja perut Anda dan tidak menyebabkan sakit perut setelahnya. Hal ini akan mengganggu puasa Anda keesokan harinya.

Gorengan menjadi salah satu makanan paling popular ketika memasuki bulan puasa. Padahal, minyak sulit dicerna oleh tubuh kita. Dan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh kita bukan hanya makanan yang enak di mulut, tetapi juga sehat di tubuh. Jadi, penting bagi Anda untuk bisa menjaga pola makan selama berpuasa agar masalah kesehatan tak cepat datang ke tubuh Anda saat sedang berpuasa.

Terlepas dari itu semua, cobalah untuk berhenti makan sebelum kenyang saat tiba waktunya berbuka puasa. Karena jika Anda makan terlalu kenyang, semua organ dalam tubuh Anda akan bekerja dengan berat, dan hal ini hanya akan membuat Anda cepat mengantuk. Akibatnya, Anda akan lalai dalam beribadah dan berisiko datangnya berbagai penyakit dengan cepat dan mudah. Sehat saat puasa bukan hal yang sulit untuk dijalani. Jika Anda menyayangi tubuh Anda, pola makan yang sehat dan teratur akan tetap Anda jalani meski saat puasa atau tidak puasa.

Tags puasa