EFEK SAMPING MELON BAGI KESEHATAN YANG WAJIB KAMU KETAHUI
17 December 2018
Hidup Seimbangku
Share

EFEK SAMPING MELON BAGI KESEHATAN YANG WAJIB KAMU KETAHUI

           Melon padat akan antioksidan, vitamin dan berbagai nutrisi lainnya, yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata, mengatur tekanan darah, serta memperlancar aliran darah. Sedangkan dalam buku Healing Foods oleh DK Publishing, menyatakan bahwa melon kaya akan beta-karoten, vitamin C dan berbagai antioksidan yang dapat mendukung kekebalan tubuh. Serta, kalium yang dapat menurunkan tekanan darah. Tidak hanya bermanfaat tubuh, berikut ini terdapat efek samping lain dari mengonsumsi melon yang perlu kamu ketahui:

 

Menaikkan kadar gula

Diabetes melitus merupakan kondisi yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah. Ahli Gizi Makrobiotik dan Kesehatan, Shilpa Arora mengatakan bahwa terlalu banyak mengonsumsi melon tentunya tidak baik, terutama bagi penderita diabetes, karena dapat memicu naiknya gula darah.

 

Baca juga: BERKENALAN DENGAN GULA DARAH DAN FUNGSINYA BAGI TUBUH

 

Efek pada saluran gastro-intestinal

Berdasarkan pengobatan Ayurveda, kombinasi makanan tertentu dapat mengganggu fungsi normal dari asam lambung, serta mengganggu keseimbangan dalam tubuh. Dalam bukunya, Ayurvedic Home Remedies, Dr. Vasant Lad memberikan saran untuk tidak mengonsumsi melon bersamaan dengan makanan lain. Ahli Nutrisi yang berbasis di Bangalore, India, Dr. Anju Sood juga menyarankan untuk tidak minum setelah makan terlalu banyak melon, karena dapat mempengaruhi kerja saluran pencernaan. Mikroba atau bakteri membutuhkan air dan gula untuk berkembang biak. Jadi, jika kamu minum setelah mengonsumsi melon, maka akan lebih banyak kemungkinan mikroba menyebar di saluran pencernaan.

 

Baca juga: Sembuhkan Asam Lambung Dengan Air Alkali

 

Kesulitan bagi sistem metabolisme

Jangan mengonsumsi melon saat malam hari, karena semakin malam kita mengonsumsi melon, maka akan semakin sulit untuk membakar gula sederhana yang terkandung di dalamnya. Dengan begitu, maka proses pencernaan akan menjadi lebih lambat dan memperburuk kualitas tidur kamu. Selain itu, kandungan gula alami yang terbilang cukup banyak dalam melon, dapat berdampak pada meningkatnya berat badan.

 

Baca juga: Asupan Makanan Yang Dapat Meningkatkan Metabolisme Tubuh

 

Risiko kehilangan makronutrien penting

Saat mengonsumsi melon, terutama dalam jumlah yang cukup besar, dapat membuat kamu terlalu kenyang untuk melanjutkan makan makanan lain. Sementara tubuhmu membutuhkan asupan nutrisi dari berbagai asupan makanan lain. Dengan mengonsumsi melon secara berlebihan, sama saja kamu menghambat masuknya nutrisi penting lain ke dalam tubuh.

 

Baca juga: Ini Dia Nutrisi Penting untuk Rambut Indahmu

 

Dapat menyebabkan diare

Melon mengandung sorbitol yang merupakan senyawa gula. Jika dikonsumsi dalam jumlah wajar, tidak akan berpengaruh apa-apa bagi tubuh, namun jika dikonsumsi berlebihan dapat mendorong kotoran dan masalah pembuangan gas yang menjadi lebih longgar, sehingga memicu terjadinya diare.

 

Baca juga: Ingin Buang Air Kecil Saat Bercinta? Mungkin Ini Penyebabnya