Diet Ubi Lebih  Rendah Karbohidrat
15 March 2019
Hidup Seimbangku
Share

Diet Ubi Lebih Rendah Karbohidrat

Tetap Kenyang, Diet Makan Ubi Rendah Karbohidrat

 

                     

                       Kamu masih suka bingung pilih menu untuk diet? Biasanya orang-orang yang memulai diet akan mulai mengganti asupan nasi mereka dengan kentang hingga gandum yang kalorinya lebih rendah dari nasi putih sebagai menu alternatif. Namu tahukah kamu? ternyata ubi memiliki jumlah kalori yang lebih rendah, lho.

                      Selain si menu andalan kentang, ubi jalar juga dapat menjadi pilihanmu untuk membantu proses penurunan berat badan, ubi jalar mengandung tinggi karbohidrat sehingga membuat kita cepat kenyang. Namun jangan khawatir sebab kalori yang terkandung pada ubi tidak terlalu besar, hanya sekitar 103 kalori. Memang membuat kenyang namun tidak memiliki kalori yang berlebih. Selain karbohidrat, ubi jalar juga memiliki serat air yang tinggi sehingga kamu lebih cepat kenyang dibanding saat mengonsumsi olahan makanan lain.

                    Selain itu, kamu harus tetap memperhatikan cara mengolah ubi yang benar. Pasalnya, ubi juga bisa menjadi tinggi karbohidrat bahkan lemak jika dimasak dengan cara yang kurang tepat. Seorang ahli diet di Cambridge, Ryan Maciel, R.D mengatakan bahwa bahan lainnya saat mengolah ubi harus diperhatikan misalnya tidak banyak mengandung margarin. Ubi yang rendah kalori ini akan menjadi tinggi kalori dan tidak sehat jika kamu menambahkan banyak campuran seperti margarin, minyak, bahkan garam. 

                     Lebih baik kamu mengukus atau panggang ubi, dan hindari mengolah ubi dengan cara digoreng dengan merendamnya dalam minyak yang mengandung kolesterol. Selain itu, Maciel menambahkan, ubi jalar juga memiliki serat yang dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan produksi hormon cholecystokinin yang membuatmu merasa kenyang dan juga ubi dapat mengontrol gula darah. Ubi memiliki jenis serat yang disebut pati resisten yang menurut beberapa penelitian dapat membantu mengurangi resiko obesitas.

                          Yuk mulai konsumsi ubi agar dietmu tak membosankan karena sumber karbohidratmu bisa lebih beragam. Selain mengontrol asupan makanan dan gizi dalam tubuh saat diet, kamu juga bisa konsumsi TOTAL 8+ untuk penyeimbang dietmu. Jaga segala nutrisi dan pH dalam tubuhmu agar tetap vit, ya!