Diet Rendah Lemak Atau Diet Rendah Karbohidrat Yang Lebih Maksimal Menurunkan Berat Badan?
16 April 2018
Hidup Seimbangku
Share

Diet Rendah Lemak Atau Diet Rendah Karbohidrat Yang Lebih Maksimal Menurunkan Berat Badan?

            Saat Anda ingin memulai diet untuk menurunkan berat badan mungkin pernah terpikir dan bingung, mana yang lebih baik, diet rendah lemak atau rendah karbohidrat? Beberapa orang memilih untuk menghilangkan buah-buahan dan sumber karbohidrat lainnya dari daftar makanan, namun beberapa orang lainnya justru menghilangkan daging merah, susu dan makanan berlemak.

            Sebuah penelitian yang melibatkan 600 orang dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok dengan diet rendah lemak dan kelompok dengan diet rendah karbohidrat. Hasilnya, tidak ada perbedaan turunnya berat badan yang signifikan terhadap kedua kelompok. Keduanya sama-sama berhasil melakukan diet penurunan berat badan.

            Pada lain kesempatan dilakukan kembali sebuah penelitian yang melibatkan peserta dengan rentang usia antara 18 – 50 tahun, dan semua peserta mengalami kelebihan berat badan, bahkan ada peserta yang sudah mengalami obesitas.

            Seluruh peserta mengikuti kelas nutrisi, diberikan arahan cara meminimalisir asupan gula, tepung dan lemak trans, serta mengalihkannya pada sayuran dan makanan padat nutrisi. Tidak ada larangan untuk mengonsumsi berapapun kalori, hanya saja makanan berkalori tersebut sebaiknya harus diolah sendiri di rumah.

            Kemudian, para peserta dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok diet rendah lemak dan kelompok diet rendah karbohidrat. Hasilnya, pada tiap individu berbeda-beda, namun jika dirata-ratakan, kelompok diet rendah lemak rata-rata mengalami penurunan berat badan sekitar 5 kg, dan kelompok diet rendah karbohidrat rata-rata mengalami penurunan berat badan sekitar 6 kg.

            Diet manapun yang Anda pilih, diet rendah lemak ataupun diet rendah karbohidrat, akan memiliki hasil yang bervariasi pada tiap orang, tergantung pada genetik dan proses metabolisme masing-masing individu. Semakin baik sistem metabolisme tubuh seseorang, maka akan semakin cepat proses penurunan berat badan orang tersebut.

Baca juga: Ganti Nasi, Ini Sumber Karbo yang Baik Untuk Diet 

Menurunkan Berat Badan Tidak Selalu Menyenangkan