Dampak Positif Mengonsumsi Pisang Setiap Hari
23 February 2018
Hidup Seimbangku
Share

Dampak Positif Mengonsumsi Pisang Setiap Hari

            Buah yang memiliki kulit berwarna kuning dengan bintik hitam ini mengandung sejumlah gula alami seperti sukrosa dan fruktosa, serta beberapa nutrisi seperti mineral, vitamin dan serat.

            Di Indonesia, pisang menjadi buah yang cukup digemari. Terbukti pada tahun 2013, konsumsi pisang mencapai 5,68 kilogram per kapita per tahun. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan jumlah konsumsi rambutan dan jeruk.

            Perlu kamu ketahui, semakin banyak bintik hitam pada kulit pisang, semakin besar kandungan TNF (Tumor Necrosis Factor), nutrisi pada pisang yang membantu melawan sel tumor dan kanker pada tubuh. Nutrisi tersebut juga dapat membantu meningkatkan sel baik dan sistem kekebalan tubuh.

            Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang akan kamu rasakan jika rutin mengonsumsi 2 buah pisang setiap hari. Apa saja manfaat tersebut? Berikut uraiannya:

 

Maag

            Pisang bertindak sebagai anti-asam pada lambung, sehingga dapat meringankan asam lambung yang naik dan rasa tidak nyaman yang ditimbulkannya. Teksturnya yang lembut juga akan melapisi lapisan perut, sehingga dapat membantu mencegah iritasi pada maag.

 

Mengobati sembelit

            Kandungan serat pada pisang dapat membantu mengobati sembelit, sehingga dapat buang air besar dengan teratur. Selain itu, bantu kerja pisang dengan rutin minum TOTAL 8+. Bisa jadi, selain kekurangan serat, kamu juga kurang mendapatkan asupan air minum, sehingga menyebabkan kamu sembelit.

 

Meningkatkan energi

            Daya tahan tubuh akan meningkat jika mengonsumsi 1-2 buah pisang setiap harinya, karena pisang mengandung mineral, vitamin dan kadar glikemik yang tinggi. Selain itu, kandungan potasium tinggi pada pisang dapat juga membantu mengurangi kram otot yang kamu alami.

 

Menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan kesehatan jantung

             Dalam 100  gr pisang hanya mengandung 1 mg sodium, sehingga dengan mengonsumsi pisang sama saja sudah mengurangi asupan sodium. Berkurangnya asupan sodium pada tubuh berpengaruh juga pada turunnya tekanan darah tinggi dan risiko terkena stroke. Kandungan potasium juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

 

Mencegah depresi

            Triptofan pada pisang dapat mencegah dan meringankan depresi yang kamu alami. Saat masuk ke dalam tubuh, triptofan akan berubah menjadi serotonin, yakni hormon yang menjadi neurotransmitter otak penyebab timbulnya rasa relaksasi dan membuat mood menjadi lebih baik.

 

Meringankan anemia

            Sejumlah zat besi pada pisang dapat membantu tubuh memenuhi kebutuhan terhadap zat besi. Zat besi dapat membantu meningkatkan suplai darah, karena merangsang produksi sel darah merah dan hemoglobin.

 

Baca juga: Jangan Langsung Buang, Kulit Pisang Memiliki Segudang Manfaat

5 Makanan Tak Terduga yang Bisa Bikin Badan Cepat Lemas dan Capek