BUKAN CUMA DAUN PISANG, BERAGAM JENIS DAUN INI BISA KAMU BUAT SEBAGAI ALAS MAKAN, YANG JUGA MENYEHATKAN, LHO
10 May 2019
Hidup Seimbangku
Share

BUKAN CUMA DAUN PISANG, BERAGAM JENIS DAUN INI BISA KAMU BUAT SEBAGAI ALAS MAKAN, YANG JUGA MENYEHATKAN, LHO

            Beberapa waktu lalu tengah tren penggunaan daun pisang sebagai alas makan. Tapi tahukah kamu, kalau tidak hanya memberi kesan kekeluargaan dan tradisional saja, saat makan menggunakan alas daun pisang.

            Daun pisang kaya akan kandungan antioksidan alami yang disebut polifenol, sifat antibakteri, vitamin A, kalsium dan karoten. Saat makanan hangat diletakkan di atas daun pisang segar, maka akan membuat antioksidan di dalamnya terserap ke dalam makanan, dan memberikan manfaat positif bagi kesehatanmu.

            Selain daun pisang, ada beragam jenis daun lain yang bisa jadi pilihanmu sebagai alas makan, atau bahkan bahan pembungkus. Jenis daun lainnya tersebut, yakni:

 

Daun nangka

Sama seperti daun pisang, daun nangka kaya akan antioksidan. Sebagai bahan pembungkus, daun nangka sangat cocok dalam proses pengukusan, karena antioksidan di dalamnya dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung lainnya, serta mendukung detoksifikasi dan mengontrol diabetes.

 

Daun jati

Daun yang kaya akan serat alaminya ini memiliki sifat astringent, yang sangat ideal untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Menurut para ahli, daun ini juga memiliki bentuk glukosa alami, yang dapat meningkatkan rasa makanan.

 

Daun teratai

Kaya akan alkaloid, daun teratai bisa menjadi obat alami untuk diare. Daun ini juga bermanfaat meningkatkan kesehatan jantung dan sirkulasi darah secara keseluruhan di dalam tubuh.

Tags